Sukses

10 Negara dengan Reputasi Terburuk di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Daftar negara dengan reputasi terburuk di dunia baru saja dirilis oleh The Reputation Institute dalam acara tahunannya yang bertajuk RepTrax Indeks. Peringkat ini diperoleh berdasarkan nilai toleransi di setiap negara, keamanan, standar kehidupan hingga perlakukan terhadap wisatawan asing yang dinilai dari skala 0–100.

Mengutip dari Bussinessinsider.co.id, Kamis (19/8/2016), daftar ini didominasi oleh negara-negara Timur Tengah walaupun adapula sebagian negara di Eropa dan Asia lainnya.

Berikut 10 negara dengan reputasi terburuk di dunia:

10. Kazakhstan – 41,58

Kazakhstan adalah negara terakhir di Republik Soviet yang menyatakan merdeka pada 1991. Sejak itu pula perekonomian di negara ini terus berkembang melalui cadangan minyak melimpah yang dimiliki.

Tapi sayangnya kemajuan ini tidak sejalan keadaan kemajuan negaranya, terkenal dengan lanskap negaranya yang sepi dan gersang membuat negara ini tidak menjadi menjadi alternatif wisatawan asing untuk berlibur di sana.

9. Nikaragua – 41,08

Terkenal dengan beberapa gunung aktifnya membuat banyak wisatawan asing datang ke sana untuk mencoba pengalaman berlibur yang lain dari biasanya. Namun, Nikaragua masih jauh terbelakang.

Aborsi merupakan sesuatu yang illegal, tapi negara ini aborsi menjadi sesuatu yang lazim. Selain itu, wabah kekeringan juga mengganggu berkembangnya sektor pariwisata di sana.

8. Angola – 40,95

Angola merupakan salah satu negara dengan perkembangan ekonominya yang pesat berkat cadangan mineral yang dimiliki, tapi kemiskinan dan korupsi yang mewabah di pemerintahan juga terus berkembang dari beberapa dekade lalu. Kekeringan juga memperparah negara ini yang berdampak pada kurangnya wisatawan asing yang mau berkunjung ke Angola.

1 dari 4 halaman

Aljazair

7. Aljazair – 40,52

Negara yang terletak di Afrika Utara ini sedang dilanda perang saudara. Kini Aljazair sedang menghadapi masa di mana pemerintahan tidak transparan dalam segala bidang ke warganya. Presiden Aljazair, Abdelaziz Bouteflika sering sekali mengkritik media dan mengintimidasi lawannya.

6. Rusia – 39,82

Mungkin negara ini sudah tidak perlu diperkenalkan lagi, Rusia memiliki masalah homophobia yang disebut-sebut akibat didorong oleh dalam pemerintahannya sendiri. Kebijakan luar negeri yang dibuat oleh Vladimir Putin menyangkut Suriah dikhawatirkan akan merugikan negara dan membuat reputasi negara ini menjadi buruk di mata dunia.

 

5. Nigeria – 36,37

Negara di Afrika ini menjadi yang terpesat perkembangan ekonominya berkat cadangan minyak melimpah yang dimiliki. Sayangnya, nilai toleransi beragama disini sangat rendah hingga muncul kelompok teroris yang bernama Boko Haram. Reputasi negara ini semakin buruk ketika diserang oleh wabah penyakit Ebola pada saat itu.

2 dari 4 halaman

Saudi Arabia

4. Saudi Arabia – 36,32

Terkenal sebagai salah satu eksportir minyak terbesar di dunia dan hingga kini masih menjadi negara terkaya di dunia tidak menjadikan reputasi negara ini bagus dimata dunia.

Ketidaksetaraan gender di negara ini menjadi alasannya, di Saudi masih melarang wanita untuk membawa mobil sendiri walaupun sudah diajukan permohonan untuk memperbolehkan itu sejak tahun 2015 silam.

3. Pakistan – 31,03

Sayangnya Pakistan sudah terkenal sebagai negara bagi penganut agama yang ekstrim dan ini berdampak pada sektor pariwisata disana. Wanita di Pakistan hanya dianggap sebagai pelengkap saja, walaupun ada gerakan untuk mendorong perkembangan wanita di sana yang dipimpin oleh Malala Yousafzai tetap saja wanita masih dianggap sebagai subordinasi di sana.

3 dari 4 halaman

Iran

2. Iran – 29,74

Pada tahun 1970-an Iran menjadi negara yang liberal, tapi setelah Revolusi Islam disana reputasinya berkurang dan menjadi negara yang otoriter, kerusuhan sipil menjadi hal yang wajar serta hubungan Iran dengan Amerika Serikat dan Israel pada saat itu memburuk.

Pada 2013, Hassan Rouhani dipilih sebagai presiden yang mana ia diharapkan mampu menjembatani semua masalah yang ada di negara itu.

1. Iraq – 24,56

Bukan hal yang mengejutkan, negara yang selama 20 tahun terakhir menjadi zona perang ini memiliki reputasi terburuk di dunia. Pada tahun 2003 Amerika Serikat dan Inggris memimpin perang di Irak yang secara teknis masih terjadi hingga saat ini.

Setiap hari selalu ada bom bunuh diri di ibukota Bagdad dan pemberontakan kaum beragama disini sepertinya tidak jelas kapan akan berakhir. Jangan pernah berpikir Anda bisa menikmati liburan di negara ini. (Nabila/Ndw)

2 Komentar

Video Populer

Foto Populer