Sukses

Garuda Indonesia Baru Bisa Terbang ke AS pada 2017

FAA menaikkan peringkat keselamatan dan keamanan penerbangan di Indonesia dari Kategori 2 menjadi Kategori 1.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan memastikan Indonesia telah masuk dalam kategori 1 Federal Aviation Administration (FAA). Dengan masuknya Indonesia dalam kategori 1 di FAA tersebut maka maskapai nasional bisa terbang ke Amerika Serikat (AS).

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo mengungkapkan,  sejak Indonesia lolos peringkat 1 standar keselamatan dan keamanan penerbangan di AS tersebut, telah ada maskapai Indonesia yang menyatakan minatnya untuk menerbangi salah satu kota di AS, yaitu Garuda Indonesia.

‎"Ada beberapa maskapai yang sudah siap ke AS. Salah satunya Garuda Indonesia. Sekarang sedang memenuhi jumlah pesawat dan crew," papar Suprasetyo di Kantor Kementerian Perhubungan Senin (15/8/2016).

Untuk bisa memenuhi jumlah crew dan pesawat tersebut tidaklah cepat. Suprasetyo memperkirakan Garuda Indonesia baru bisa memenuhinya paling tidak dalam satu tahun ke depan. "Garuda diperkirakan pada 2017 baru akan terbang ke AS," tegas dia.

Dengan adanya maskapai Indonesia terbang ke AS, menurut Suprasetyo akan meningkatkan konektifitas Indonesia ke beberapa negara di dunia. Ini juga mendukung program peningkatan wisatawan asing ke Indonesia.

Sebelumnya pada 4 Agustus 2016, Indonesia lolos standar keselamatan dan keamanan penerbangan di AS. FAA, lembaga regulator penerbangan sipil di AS, tersebut menaikkan peringkat keselamatan dan keamanan penerbangan di Indonesia dari Kategori 2 menjadi Kategori 1.

Direktur Direktur Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Mohammad Alwi menjelaskan, mereka telah menyelesaikan seluruh penilaian dan dinyatakan naik peringkat FAA itu. "Akhirnya setelah 10 tahun, kita lolos dan duta besar Amerika Serikat sudah memberi selamat kepada saya," katanya.

Alwi mengatakan, FAA akan menyerahkan secara resmi sertifikat peningkatan peringkat itu, pekan ini. "Setelah ganti empat menteri dan empat dirjen, akhirnya usaha ini berhasil," tambah dia.

Dengan lolosnya peringkat 1 FAA, maka maskapai Indonesia berhak terbang ke AS lagi dan salah satu yang akan menjalankannya, yaitu maskapai Garuda Indonesia.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, M Arif Wibowo, sebelumnya, mengatakan, akan membuka rute ke New York dan Los Angeles pada 2017. "Tahun depan kita akan coba karena ini sudah masuk rencana lima tahunan, kalau bisa lebih cepat," katanya.

Wibowo menyebutkan, potensi pasar penerbangan dari Negara Paman Sam itu ke Indonesia sebanyak 400.000 pemakai jasa penerbangan per tahun. Dia menambahkan kota tujuan yang sangat berpotensi, yakni Los Angeles dan New York. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini