Sukses

Begini Cara Naik Bajaj Gas Gratis

Masyarakat harus menaiki bajab yang sudah ditetapkan PGN dengan memiliki ciri khusus.

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) mengerahkan 700 unit bajaj yang menggunakan Bahan Bakar Gas (BBG) untuk mengantarkan masyarakat di wilayah DKI Jakarta secara gratis. Bagaimana cara naiknya?

‎Direktur PT Gagas Energi Indonesia Achmad ‎Cahyadi mengatakan, untuk menaiki bajaj gratis masyarakat harus menaiki bajaj yang sudah ditetapkan PGN dengan memiliki ciri khusus.

Setelah itu, masyarakat naik bajaj seperti biasa. Namun, supir bajaj akan melakukan pendataan penumpang dengan ngisi formulir identitas yang telah ditetapkan. Formulir tersebut merupakan bukti untuk supir telah mengantarkan penumpangnya.

"Prosedural seperti biasa, cuma kami mendata seberapa banyak penumpang yang naik‎, jadi bisa diketahui seberapa banyak yang mengikuti," kata Achmad, di Jakarta, Selasa (16/8/2016).

Sekretaris Perusahaan PGN, Heri Yusup melanjutkan,‎ menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-71, PGN kembali menggelar program naik bajaj gas gratis selama satu minggu. Program itu dimulai pada 14-20 Agustus 2016 ke seluruh wilayah DKI Jakarta.

"Jadi seminggu lagi masyarakat bisa manfaatkan bajaj gas ini untuk pergi ke sekolah, ke pasar, tempat kerja bahkan wisata di wilayah DKI Jakarta tanpa bayar," tutur Heri.

Namun tidak semua bajaj yang menggunakan gas melayani masyarakat secara gratis. Ada ciri khusus yang menandai bajaj tersebut gratis, yaitu dengan adanya sticker tanda panah berwarna Biru beruliskan Ayo Kita Ngegas Merdeka. "Tapi ingat, bajaj gas gratisnya harus punya tanda khusus ya,"‎ ucap Heri.

Heri mengungkapkan, tujuan di adakannya program ini, selain merupakan rangkaian program BUMN Hadir Untuk Negeri dan HUT RI ke-71 Tahun, juga bertujuan untuk mengkampanyekan pemanfaatan gas bumi yang ramah lingkungan, aman dan efisien.

"Makanya kita sebut gas bumi ini sebagai energi baik, karena manfaatnya besar mulai dapat digunakan untuk memasak ibu-ibu rumah tangga, pembangkit listrik, hotel, restoran sampai untuk transportasi seperti bus, angkot hingga bajaj," ujar Heri.

Heri menambahkan, untuk memudahkan akses masyarakat menemukan bajaj gas gratis ini, terdapat beberapa meeting point alias tempat berkumpul bajaj gas gratis, seperti di:

Jakarta Pusat:
Jalan Thamrin, Sarinah, Monas, Benhil, Stasiun Kota, Masjid Istiqlal, Rusun Kebun Kacang, Stasiun Gondangdia

Jakarta Barat:
RS Sumber Waras, Pasar Grogol, Pasar Kopro, RS Tarakan, Perempatan Kemis Kedoya

Jakarta Utara:
Mega Mall Pluit, Waduk/RS Pluit, Junction Mall, Pasar Ikan Muara Karang.

Jakarta Timur:
Masjid Jami Matraman, Gramedia Matraman, Stasiun Pondok Jati, dan RS Premiere Jatinegara. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini