Sukses

Ini Daftar 10 Bandara Terbaik di Asia

Liputan6.com, Jakarta Skytrax telah merilis data tahunan untuk industri penerbangan. Hasilnya, Bandara Internasional Changi Singapura kembali didaulat sebagai bandara terbaik di Asia di 2016. Bandara ini tiga tahun beruntun mendapat predikat bandara terbaik di Asia.

Mengutip laman Businessinsider,  data peringkat tahunan yang dirilis Skytrax ini berdasarkan penilaian dari 13 juta penumpang pesawat yang berasal 106 negara. Penilaian dilakukan terhadap lebih dari 550 bandara meliputi aspek pelayanan, kenyamanan fasilitas, lokasi, toilet hingga kecakapan berbahasa dari staf bandara.

Selain Changi, terdapat beberapa bandara yang mendapat predikat bandara terbaik di Asia, berikut daftarnya.

 

10. Kuala Lumpur International Airport (KUL)

Jumlah penumpang per tahun: 47,5 juta penumpang.

Kelebihan:

Kuala Lumpur International Airport menjadi bandara yang tersibuk di Asia Tenggara dan menjadi markas bagi 2 maskapai sekaligus yaitu AirAsia dan Malaysia Airlines. Lokasi bandara ini berjarak 35 mil ke selatan dari pusat kota di Malaysia dan sangat mudah dijangkau baik dengan kereta maupun mobil. Fasilitas yang ditawarkan pun sangat memanjakan penumpangnya, lengkap dengan hutan dan air terjun buatan di dalam bandara iniini.

9. Taiwan Taoyuan International Airport (TPE)

Jumlah penumpang per tahun: 34 juta penumpang.

Kelebihan:

Lokasinya yang sangat berdekatan dengan Ibukota Taipe menjadikan bandara ini menjadi yang terbesarr di Taiwan. TPE ini menjadi tempat bersandarnya China Airlines dan EVA Air. Taiwan Taoyuan Airport ini memiliki pelayanan yang sangat sopan dan ramah, lingkungan bandaranya yang bersih dan proses imigrasi yang cepat. Sebelum diadakan ekspansi bangunan bandara, disini terdapat Museum Penerbangan Taiwan namun harus ditutup pada awal tahun 2016 ini untuk perluasan lahan.

8. Beijing Capital International Airport (PEK)

Jumlah penumpang per tahun: 83,7 juta penumpang

Kelebihan:

Menjadi bandara tersibuk nomor 2 di dunia, Beijing Capital Airport berperan besar dalam pertumbuhan ekonomi di China. Dengan pertumbuhan ini, Bandar udara terus diperbaiki dan diperbaruhi fasilitasnya. Kini Terminal 3 Beijing Capital Airport masuk dalam 10 daftar Terminal Terbaik di Dunia.

1 dari 3 halaman

7. Tokyo Narita International Airport (NRT)

7. Tokyo Narita International Airport (NRT)

Jumlah penumpang per tahun: 35,6 juta

Kelebihan:

Bandar udara yang lokasinya 35 mil di luar pusat kota Tokyo, Narita menangani kesibukan jalur penerbangan internasional maupun domestik. Bandar udara ini menjadi markas bagi ANA Air, Japan Airline, Delta dan United. Narita terkenal akan pelayanan stafnya yang sangat ramah, fasilitasnya yang bersih dan memiliki banyak pilihan makanan.

6. Kansai International Airport (KIX)

Jumlah penumpang per tahun: 20 juta

Kelebihan:

Survey yang Skytrax menyatakan bahwa Kansai menjadi Bandar udara yang memiliki arsitektur bangunannya yang modern, fasilitas yang sangat bersih dan stafnya yang sangat ramah dan membantu penumpang. Di sini juga tersedia Sky View di mana kita bisa menikmati pemandangan keluar masuk pesawat di bandara tersebut secara langsung.

5. Central Japan International Airport (NGO)

Jumlah penumpang per tahun: 9,8 juta

Kelebihan:

Bandara ini dibangun disebuah pulau yang terletak ditengah Teluk Ise, Koya Nagoya. Bandara ini mendapat penghargaan sebagai Bandar Udara Reguler Terbaik di Dunia. Terdapat Sky Deck sepanjang 1.000 kaki dimana pengunjung bisa melihat pemandangan langsung seluruh Kota Nagoya dan Teluk Ise dari sana.

2 dari 3 halaman

4. Hong Kong International Airport (HKG)

4. Hong Kong International Airport (HKG)

Jumlah penumpang per tahunnya: 63,2 juta penumpang

Kelebihan:

Dibangun di atas pulau buatan dilepas pantai Hong Kong membuat HKG menjadi bandara dengan fasilitas paling popular di dunia sejak pertama kali dibuka pada tahun 1998. Menjadi salah satu bandara yang tersibuk di Asia, HKG menjadi rumah bagi Cathay Pasific, Hong Kong Airlines dan Dragonair.

3. Tokyo Haneda International Airport (HND)

Jumlah penumpang per tahunnya: 72,8 juta penumpang

Kelebihan:

Haneda adalah salah satu dari 2 bandara terbesar yang ada di area Tokyo. Berlokasi di jantung kota Haneda yang merupakan tempat masuknya para wisatawan dunia dan beberapa bisnis lainnya. Bandara tersibuk ke empat di dunia ini terkenal akan pelayanannya yang efisien, kebersihan serta tempat belanja yang ideal bagi siapapun.

2. Incheon International Airport (ICN)

Jumlah penumpang per tahunnya: 41, 7 juta penumpang

Kelebihan:

Incheon merupakan bandara terbaik kedua di Asia dan menjadi yang tersibuk ke 24 di dunia sejak dibuka pada tahun 2001. Terletak di sebuah pulau di luar jantung kota Korea Selatan, lengkap dengan fasilitas belanja, makan hingga museum kebudayaan Korea tersedia disana.

1. Changi International Airport Singapore (SIN)

Jumlah penumpang per tahunnya :54 juta

Kelebihan:

Selama 4 tahun berturut-turut Changi menjadi bandara terbaik di dunia. Bandara ini menjadi rumah bagi Singapore Airlines, Silkair dan Tigerair dan menjadi Bandar udara yang tersibuk ke-16 di dunia. Changi terkenal akan keindahan arsitektur bangunannya, pelayanannya yang efisien, fasilitasnya yang mewah dan boarding yang menawarkan tempat untuk berbelanja. Disana Anda akan dimanjakan pula dengan pertunjukan film, dek hiburan, spa, dan lainnya. (Nabila)

 

Video Populer

Foto Populer