Sukses

6 Tips Belanja Online

Liputan6.com, New York - Minat masyarakat untuk berbelanja melalui internet atau belanja online terus meningkat.  Nilai transaksi e-Commerce di Indonesia diperkirakan mencapai US$ 130 juta atau setara dengan Rp 1,7 triliun di tahun ini. 

Seperti dikutip dari Lifehack.org, Kamis (25/8/2016),  berkat kemajuan teknologi, kegiatan belanja menjadi jauh lebih mudah dan praktis dari biasanya. Cukup dengan menemukan toko online yang sesuai selera lalu tinggal pilih apa yang diinginkan, bayar lalu selesai.

Walaupun semudah itu, bukan berarti Anda bisa seenaknya memesan sesuatu secara online, banyak yang perlu diperhatikan sebelum berbelanja online. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini: 

1. Selalu memeriksa detail produk

Kebiasaan ketika belanja online adalah kita hanya melihat gambarnya saja tanpa membaca secara detail dari produk yang hendak dibeli. Mulai sekarang perhatikan detail setiap produk yang akan dibeli supaya ketika barang sudah tiba di tangan Anda sesuai dengan harapan.

2. Cek biaya pengiriman

Biaya pengiriman atau yang bisa disebut sebagai ongkos kirim juga harus diperhatikan. Walaupun tertera tulisan “Gratis Ongkos Kirim” biasanya jika lokasi Anda sangat jauh dari pusat kota terdekat akan dikenakan biaya tambahan, untuk itu biasakan cek biaya pengiriman yang semestinya.

3. Bandingkan harga

Dengan membandingkan produk yang sama di toko online yang berbeda akan membantu Anda dalam menemukan harga terbaik yang harus dibayarkan. Karena produk yang akan dibeli adalah sama, lalu untuk apa Anda harus membayar lebih mahal untuk produk yang sama?

4. Baca ulasan pembeli

Cara terbaik untuk membeli produk secara online adalah memperhatikan ulasan atau review yang sudah membeli produk serupa atau beli di toko online dengan Anda. Dari situ Anda bisa mengetahui apakah toko online ini bagus atau tidak.

5. Pahami hak 

Setiap e-commerce online memiliki aturan tersendiri dalam setiap transaksi dengan pelanggannya. Misalnya ada yang tidak memberikan refund / uang tidak kembali ketika barang sudah sampai ke tangan konsumen, atau tidak bersedia menukarkan produk dengan yang baru jika produk dikomplain, dan lainnya. Hal semacam ini harus diperhatikan agar tidak terjadi kesalahpahaman antara pembeli dengan penjual.

6. Waspadai penipuan

Hal terakhir yang harus diwaspadai adalah tindak penipuan. Banyak situs jual beli online yang tidak bertanggung jawab dan hanya mengincar pembeli yang lengah untuk bisa ditipu dengan modus dan iming-iming lainnya. Lalu bagaimana cara menghindarinya? Gunakanlah Google Trusted Store, sebuah sistem yang bisa memverifikasi seluruh situs belanja online dan Anda bisa menentukan situs yang Anda pilih dapat dipercaya atau tidak.

Mulai dari sekarang jadilah konsumen yang bijak, jangan mudah terimingi harga murah, diskon atau lainnya karena sebagus-bagusnya produk yang dibeli secara online lebih baik jika Anda langsung membelinya dari toko, supaya Anda bisa langsung memilih apapun sesuai dengan keinginan Anda. (Nabila/Gdn)