Sukses

Fakta yang Harus Anda Ketahui Soal Kartu Kredit

Kartu kredit biasanya digunakan sebagian orang untuk mempermudah melakukan transaksi, baik secara langsung maupun secara online.

Liputan6.com, Jakarta - Kartu kredit biasanya digunakan sebagian orang untuk mempermudah melakukan transaksi, baik secara langsung maupun secara online. Di dunia online, setiap transaksi bahkan sebaiknya menggunakan kartu kredit.

Jika penggunaannya masih sebatas karena penting dan saat darurat, dengan risiko siap membayar cicilan per bulannya, maka keberadaan kartu kredit bukan masalah. Namun, jika penggunaanya sudah seperti pengganti uang tunai setiap melakukan transaksi, maka Anda perlu waspada dan mulai tinggalkan kebiasaan tersebut.

Perlu Anda ingat kembali, bahwa menggunakan kartu kredit itu sama saja dengan siap untuk berutang. Di satu sisi memiliki kartu kredit adalah suatu jalan untuk kita bisa mendapatkan apa yang sedang kita butuhkan dengan mudah, tapi di sisi lain, ada risiko yang harus diterima.

Risiko tersebut akan Anda terima berupa sebuah surat tagihan kartu kredit ke alamat Anda, yang berisikan total tagihan bulan tertentu dan total minimum pembayaran cicilanya. Semakin besar utang Anda, semakin tinggi nilai pembayaran minimum yang harus dilunasi setiap bulannya.

Jika saat ini anda adalah pengguna kartu kredit sebaiknya mulai memperhatikan dan membatasi penggunaan kartu kredit tersebut, agar tidak menjerat Anda terhadap sebuah utang. Jika Anda pemula yang baru saja ingin memiliki kartu kredit, baiknya menyimak beberapa hal penting di bawah ini seperti dikutip dari Cermati.com:

Tentang Kartu Kredit

Tahukah Anda jika sejarah kartu kredit ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1920-an di Negara Amerika Serikat. Kartu kredit pada saat itu disebut “Uang Plastik” yang ternyata berhasil menarik perhatian masyarakat di Amerika Serikat serta masyarakat lainya di seluruh dunia. 

Setelah itu, pada tahun 1985, kartu kredit dibuat dengan menggunakan hologram  yang dibuat dengan sinar laser yang berbentuk 3 dimensi. Kartu kredit ini terkesan eksklusif dan canggih.

Kartu kredit tersebut juga diberi ciri-ciri pengaman lainya seperti kode-kode khusus dalam baris magnetik pada bagian belakangnya, hingga bentuk tanda yang tidak kelihatan yang tampak di bawah cahaya ultraviolet. Dalam edisi khususnya, ada juga kartu kredit yang diberi foto pemiliknya untuk menghindari pemalsuan dan penyalahgunaan kartu kredit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat kartu kredit

Manfaat Kartu Kredit

Seperti sudah disinggung di awal, bahwa menggunakan kartu kredit ini sebenarnya untuk membantu kita saat perlu melunasi sesuatu dalam keadaan darurat dan ketika tidak memiliki uang tunai. Biasanya ini sering terjadi dalam beberapa kasus, seperti harus segera membayar rumah sakit, biaya persalinan dan lain sebagainya.

Biasanya kartu kredit akan memberikan tenggang waktu hingga satu bulan untuk melunasinya. Kartu kredit juga bermanfaat saat melakukan belanja online.

Produk apapun yang dijual di marketplace populer baik Indonesia maupun luar negeri sebagian besarnya merekomendasikan untuk melakukan pembayaran dengan kartu kredit. efeknya, tentu saja kebanggaan tersendiri bagi Anda bisa memiliki produk atau barang yang Anda inginkan, dan jangan lupa dengan tagihan di bulan berikutnya.

Manfaat lainya adalah pihak bank pembuat kartu kredit sering mengadakan promo kartu kredit di hampir tiap bulannya. Ada berbagai diskon di setiap merchant tertentu, atau yang paling populer adalah promo liburan dengan banyak fasilitas, mulai dari diskon harga tiket pesawat, hingga diskon hotel. Promo yang ditawarkan begitu menarik, namun usahakan Anda tidak terlalu tergoda dengan promo tersebut, jika memang tidak diperlukan.

3 dari 3 halaman

Bahaya kartu Kredit

Bahaya kartu Kredit

Kartu kredit sudah jelas ada manfaatnya untuk memudahkan transaksi penggunanya, namun kartu kredit juga bisa membahayakan untuk Anda jika kurang bijak dalam menggunakannya.

Salah satu bahaya kartu kredit adalah saat belanja bulanan dalam jumlah banyak Anda malah menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayaran utama dan tidak menggunakan uang tunai karena jumlahnya cukup besar.

Selain itu, kartu kredit bisa berbahaya juga saat dalam kondisi tagihan Anda cukup besar setiap bulannya, dan Anda selalu membayar cicilan dalam jumlah minimum saja. Perlu diketahui bahwa dengan membayar minimum, lama kelamaan jumlah tagihannya bisa saja menjadi bertambah karena adanya bunga dan biaya lainnya.

Jika memungkinkan, saat memiliki uang berlebih, bayar saja tagihan tersebut dalam jumlah di atas pembayaran minimum. Semakin besar jumlah pelunasannya, semakin cepat utang Anda lunas.

Memiliki dan menggunakan kartu kredit juga bisa rentan terhadap masalah penipuan. Anda perlu berhati-hati dalam hal ini dengan cara menjaga nomor kartu kredit Anda agar tidak diketahui oleh sembarang orang karena jika diketahui orang yang berniat jahat, kartu kredit Anda bisa terkuras dan anda sendiri yang harus membayar cicilannya. (Ndw/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kartu kredit adalah salah satu instrumen utang yang dikeluarkan oleh pihak bank serta memiliki nilai peminjaman yang harus dikembalikan.

    Kartu Kredit

  • Cermati