Sukses

Bawa Danau Toba Mendunia, Jokowi Benahi Bandara Silangit

Presiden Jokowi meminta Menhub Budi Karya Sumadi memperpanjang dan memperlebar landasan pacu (runway) di Bandara Silangit.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memperpanjang dan memperlebar landasan pacu (runway) di Bandara Silangit. Pembenahan Bandara Silangit untuk mendukung visi pemerintah membawa Danau Toba mendunia.

"Sudah saya berikan target agar tahun ini Bandara Silangit selesai semuanya, baik runway maupun terminalnya," terang Jokowi dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (21/8/2016). 

Dengan begitu, diharapkan Jokowi semakin banyak pesawat yang mendarat di Bandara Silangit, sehingga turis dapat menikmati keindahan wisata di kawasan Toba. Dampaknya, semakin banyak uang beredar dan meningkatkan kesejahteraan di kawasan ini.

Selain itu, pengerjaan Jembatan Tano Ponggol akan segera dilakukan. Pembangunan jembatan dan perluasan terusan ini diharapkan akan mendukung pariwisata dan membuat kapal yang lebih besar dapat berlayar di daerah tersebut.

"Untuk jembatan Tano Ponggol ini akan dimulai 2017. Kita harapkan jembatan itu selesai dalam waktu 2 tahun, karena ini jembatan besar sekali," ungkapnya.

Sebelumnya, Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengatakan kondisi Pulau Samosir yang dikenal sebagai Negeri Indah Kepingan Surga semakin membaik. Terlebih lagi sejak kehadiran Presiden Jokowi ke Bandara Silangit beberapa bulan lalu.

Tiga maskapai penerbangan telah membuka penerbangan ke Bandara Silangit, sehingga memudahkan warga Samosir yang ingin terbang ke Jakarta dengan waktu tempuh hanya 3 jam dari sebelumnya memakan waktu 10 jam.

Tambah Feri   

Jokowi juga berjanji menambah pengadaan kapal feri untuk menampung mobilitas masyarakat dan barang di Kampung Adat Sigale-gale, Desa Wisata Tomok Parsaoran, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.  

Komitmen ini disampaikan Presiden Jokowi untuk menjawab keluhan Bupati Samosir Rapidin Simbolon bahwa pihaknya kekurangan kapal feri untuk mengangkut masyarakat dan distribusi barang di daerah tersebut.
 
"Saya siapkan ferinya, semoga bisa tahun ini. Ferinya yang paling baik karena ini adalah tempat wisata yang saya lihat paling bagus," kata Jokowi.

Jokowi juga menginstruksikan Menhub untuk memperbaiki dan mengembangkan dermaga pelabuhan daerah setempat. Menurutnya, kondisi dermaga pelabuhan saat ini perlu diperbaiki untuk mendukung pariwisata daerah setempat.

"Kalau bisa tahun ini juga," tegas Jokowi.

Akan tetapi tidak semua keluhan dapat diselesaikan Jokowi karena perlu menurunkan tim untuk mengetahui kondisi di lapangan. Sebagai contoh kebutuhan air bersih dan listrik di daerah wisata Samosir.

"Untuk air bersih dan listrik belum bisa saya jawab. Saya sampaikan apa adanya, biar nanti dicek dulu di lapangan kondisinya seperti apa. Nanti kalau saya sudah dapat laporan akan saya jawab secepatnya," ucap Jokowi. (Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.