Sukses

7 Cara Cerdas Atur Waktu Supaya Kerja Lebih Produktif

Menggunakan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya bisa membuat pekerjaan menjadi lebih baik

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang bisa dilakukan agar pekerjaan bisa selesai dengan cepat? Satu hal efektif adalah dengan menggunakan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya.

Sebagian besar orang sukses dunia adalah mereka yang bisa menggunakan waktu yang dimiliki dengan sebaik mungkin. Walau begitu, hal ini masih menjadi hal yang sulit dilakukan bagi banyak orang.

Lalu apa yang dapat dilakukan agar waktu yang Anda punya dapat dimanfaatkan dengan maksimal saat bekerja? Berikut tujuh caranya seperti dilansir dari TheMuse.com, Selasa (23/8/2016):

1. Fokus pada pencapaian
Habiskan energi Anda untuk melakukan apa yang harus dikerjakan serta tujuan apa yang ingin diraih. Hal ini akan membantu Anda bekerja lebih cepat dan produktif.

2. Atur prioritas sehari-hari
Cobalah untuk memutuskan pekerjaan apa yang paling penting dan coba untuk memfokuskan diri Anda dalam mengerjakan pekerjaan tersebut. Selain dapat mempersingkat waktu, hal ini juga dapat membantu Anda lebih fokus saat bekerja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaatkan setiap menit

3. Manfaatkan setiap menit
Satu jam terdiri dari enam puluh menit. Hal ini berarti ada 1.440 menit dalam setiap harinya. Manfaatkan setiap menit untuk mengerjakan sesuatu yang maksimal sehingga pekerjaan Anda pun akan terasa lebih mudah.

4. Gunakan aturan 80/20
Aturan 80/20 berarti 80 persen hasil yang Anda dapatkan ditentukan oleh 20 persen usaha yang Anda lakukan. Oleh karenanya, akan lebih baik apabila Anda fokus terhadap 20 persen usaha tersebut agar hasil maksimal bisa didapat.

3 dari 3 halaman

Hindari rapat yang bertele-tele

5. Hindari rapat yang bertele-tele
Orang memiliki tendensi untuk merasa nyaman saat rapat. Banyak orang yang cenderung membicarakan hal yang tidak penting sehingga rapat pun berjalan dengan lama. Hindari hal ini agar waktu kerja Anda dapat berjalan dengan lebih produktif.

6. Delegasikan pekerjaan
Tidak ada salahnya untuk meminta bantuan orang lain dalam mengerjakan pekerjaan Anda. Kemampuan orang lain akan sangat membantu Anda untuk bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Hal ini bisa dilakukan terutama ketika Anda merasa banyak sekali hal yang harus dilakukan.

7. Lakukan rutinitas produktif pada pagi dan malam hari
Rutinitas seperti olahraga, membaca atau makan makanan yang bergizi bisa membuat hari-hari Anda berjalan dengan lebih menyenangkan. Kegiatan seperti ini juga bisa mendorong mood Anda menjadi lebih baik. (Vna/Ahm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini