Sukses

Terlalu Banyak Amal, 3 Miliarder Ini Tak Lagi Jadi Orang Kaya

Berbeda dengan orang kebanyakan, mereka bertiga justru memilih untuk memberikan kekayaannya dalam bentuk donasi.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar orang ingin untuk bisa sukses dalam hidupnya. Mendapat kekayaan berlimpah juga merupakan salah satu mimpi yang ingin diwujudkan banyak orang. Jika sebagian orang lebih memilih untuk mendapat dan mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya, tiga orang ini justru melakukan hal bertolak belakang.

Tiga miliarder ini memiliki kekayaan yang berlimpah. Namun berbeda dengan orang kebanyakan, mereka bertiga justru memilih untuk memberikan kekayaannya dalam bentuk donasi. Jumlah sumbangan yang banyak tersebut pun akhirnya membuat mereka tidak lagi bisa masuk ke dalam daftar miliarder dunia.

Siapa saja ketiga miliarder tersebut? Melansir Business Insider, Senin (22/8/2016) berikut tiga miliarder dermawan seperti dilaporkan oleh survei The Generosity Index

1. Charles Francis

Pria ini dikenal sebagai pengusaha pembuat duty free shopping yang ada di bandara seluruh dunia. Walau bisa menjadikan dirinya sebagai pengusaha sukses, ia ternyata lebih memilih untuk memberikan sebagian besar kekayaan yang dimiliki.

Pria 84 tahun ini ditaksir sudah memberikan donasi hingga US$ 6,3 miliar. Ia juga merupakan pendiri dari organisasi Atlantic Philanthropies. Organisasi ini fokus untuk memberikan bantuan pada beberapa isu dunia seperti pendidikan, kesehatan, hingga kesetaraan hak-hak sosial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sulaiman bin Abdul Aziz Al Rajhi

2. Sulaiman bin Abdul Aziz Al Rajhi

Sulaiman bin Abdul Aziz Al Rajhi merupakan pendiri dari salah satu bank islam terbesar di dunia, Al Rajhi Bank. Tak heran apabila pria ini pun mampu mendulang kekayaan yang melimpah.

Walau begitu, ia ternyata lebih fokus di bidang filantropi setelah membuat keputusan untuk memberikan setengah kekayaannya untuk amal. Hasil survei memperlihatkan tingkat kedermawanannya mencapai 966 persen.

3 dari 3 halaman

Jon Huntsman Sr.

3. Jon Huntsman Sr.

Dalam wawancara dengan media internasional, Jon Huntsman Sr mengungkap bahwa ia telah mendonasikan 25 persen dari hartanya sesaat setelah mampu mencapai aset kekayaan US$ 1 juta. Hingga saat ini, Jon Huntsman Sr ditaksir telah memberikan US$ 1,2 miliar hartanya untuk donasi.

Ia juga dianugerahi Carnegie Medal of Philanthropy atas dedikasinya dalam dunia filantropi. Bersama miliarder dunia lain seperti Warren Buffett dan Bill Gates, Jon Huntsman Sr ikut dalam organisasi amal dunia Giving Pledge. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini