Sukses

Ini 3 Kunci Jadi Pengusaha Sukses dari Boy Thohir

Bagaimana tips berbisnis dari Boy Thohir?

Liputan6.com, Jakarta Garibaldi Thohir atau yang akrab disapa Boy Thohir disebut-sebut memiliki pendapatan senilai 1 miliar Euro. Di majalah bergengsi Forbes, Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk ini masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia ke-42 dengan kekayaan US$ 605 juta pada 2015.

Dengan begitu, dia bisa dikatakan pebisnis sukses. Lantas bagaimana tips berbisnis dari Boy Thohir?

Dalam acara Inspirato Liputan6.com, Jakarta, Selasa (23/8/2016), Boy Thohir mengatakan, jika perusahaan memiliki reputasi baik dan bisnis model tepat, maka uang akan dengan sendirinya mengalir ke perusahaan.

"Jangan lihat saya sebagai pengusaha saat ini, dan jangan lihat Adaro sekarang. Karena saya telah merasakan kegagalan berkali-kali. Memulai usaha memang tidak mudah," ujarnya.

Boy Thohir memberikan tiga tips sukses menjadi seorang pengusaha. Pertama, bermimpi dan merealisasikannya. Mimpi ini, katanya, harus diwujudkan dengan cara bekerja keras.

Kedua, memilih bisnis jangan terlalu canggih. Menurut Boy Thohir, berwirausaha tidak harus mencari bisnis yang berbeda dengan kebanyakan orang. "Kalau terlalu super canggih, takutnya tidak ada yang beli. Tapi kita harus kreatif memodifikasi bisnis itu," tuturnya.

Ketiga, jangan takut gagal. Pengusaha, sambung Boy Thohir, harus siap mental menghadapi berbagai kemungkinan terburuk. Jika jatuh, jangan pantang menyerah, dan bangkit kembali untuk memulai kesuksesan baru.

"Kalau gagal coba lagi, jatuh 10 kali, bangun 11 kali karena Indonesia punya potensi yang luar biasa. Yang berat itu orang yang gampang frustasi, menyerah. Jadi jangan takut," tutup Boy Thohir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini