Sukses

PLN Jabar Cek Jaringan Listrik dengan Metode Sentuh Langsung

PLN Distribusi Jawa Barat menggelar pemeliharaan jaringan serentak yang dilakukan oleh tim Pekerjaan dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).

Liputan6.com, Jakarta - PLN Distribusi Jawa Barat menggelar pemeliharaan jaringan serentak yang dilakukan oleh tim Pekerjaan dalam Keadaan Bertegangan (PDKB). Dalam pemeliharaan ini pekerja PLN menyentuh langsung listrik bertegangan 20 kilo Volt (kV).

Manajer Distribusi PLN Distribusi Jawa Barat Agus Kuswardoyo, mengatakan,‎ sebanyak 15 tim PDKB dari 15 Area di wilayah kerja PLN Distribusi Jawa Barat melakukan pemeliharaan jaringan di 30 titik lokasi.

"Kegiatan rutin yang bertajuk Bakti PDKB kali ini dipusatkan di Area Cirebon khususnya wilayah Cilimus dan Kuningan," kata Agus, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Rabu (24/8/2016).

Agus melanjutkan, dalam Bakti PDKB kali ini PLN Distribusi Jawa Barat juga meluncurkan satu Tim PDKB Sentuh Langsung yang terdiri dari tujuh orang.

Jika selama ini tim PDKB PLN melakukan pemeliharaan dengan metode berjarak menggunakan tongkat khusus, maka melalui metode ini petugas dapat melakukan pekerjaan dengan menyentuh langsung jaringan yang bertegangan 20 kV.

Selama tiga bulan para personil dididik dan dilatih secara intensif. Peralatan khusus di mobil PDKB Sentuh Langsung adalah boom isolasi yang tahan tegangan 130 kV, dan bucket isolasi yang tahan tegangan 40 kV.

Sedangkan para petugas harus menggunakan pelindung atau isolasi lengan (sleeve) yang tahan 40 kV, sarung tangan isolasi yang tahan 30 kV, dan sepatu boot isolasi yang tahan 30 kV.

kelebihan dari Tim PDKB Sentuh Langsung adalah dapat bekerja tiga kali lebih cepat dari pada Tim PDKB dengan metode berjarak. Sementara itu kegiatan Bakti PDKB hari ini mampu menyelamatkan sekitar 335.000 kwh atau setara dengan Rp 265 juta.

"Sehingga diharapkan pelayanan PLN kepada pelanggan akan lebih baik," tutup Agus. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini