Sukses

3 Cara Agar Anda Rutin Menabung

Untuk mulai menabung dari sekarang berhentilah membeli barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

Liputan6.com, Jakarta - Mengubah kebiasaan mengatur keuangan merupakan hal yang tidak mudah dilakukan. Terlebih lagi jika Anda terbiasa hidup konsumtif maka menabung adalah tantangan tersendiri bagi Anda.

Melansir laman Cheatsheet.com, Sabtu (27/8/2016) hal yang bisa dimulai dari sekarang adalah berhenti untuk membeli barang yang sebenarnya tidak berguna bagi Anda dan mulai buat prioritas baru dalam mengatur keuangan.

Ketika Anda sudah bisa menahan hawa nafsu untuk berbelanja, maka tiga cara ini akan mempermudah Anda dalam menjaga untuk terus semangat menabung. Apa saja tipsnya? Simak ulasannya berikut:

1. Selalu Ingat Menabung itu Penting

Semua berawal dari tahap ini. Ingatkan diri Anda tentang pentingnya menabung, alasan mengapa Anda menabung dan apa yang akan dapat dari menabung.

Jika Anda akan membeli sesuatu yang sebenarnya tidak penting atau tidak berguna untuk Anda selalu ingat kembali tujuan utama Anda menabung untuk apa. Jangan sampai Anda lengah kemudian kembali menjadi pribadi yang konsumtif saat belum mulai untuk menabung.

2. Bertanggung jawab

Jika Anda sudah menjadi pribadi yang terbiasa menabung dan sudah bisa mengontrol keinginan untuk berbelanja atau melakukan pemborosan, maka bertanggung jawab atas apa yang Anda lakukan akan menjadi mudah. Anda harus terbiasa untuk hidup lebih teratur seperti selalu membuat daftar sebelum berbelanja bulanan atau berkonsultasi dengan pakar keuangan agar Anda lebih bijaksana lagi dalam menghabiskan uang Anda.

3. Ketika Berhasil Menabung, Jangan Tingkatkan Pengeluaran Anda

Mungkin hal yang lumrah terjadi ketika Anda mendapat uang lebih banyak maka Anda juga akan menghabiskan lebih banyak uang dari biasanya ketika Anda tidak memiliki banyak uang. Permasalahannya, semakin mahal gaya hidup Anda maka akan semakin membahayakan kebiasaan menabung Anda. Mulai sekarang biasakan tetap dalam gaya hidup yang tidak membahayakan apapun baik diri maupun kebiasaan menabung Anda.

Jika Anda bisa menjalankan tiga tips di atas dengan baik, maka semakin mudah menerapkan prioritas untuk tetap menabung dalam kehidupan Anda sehari-hari. Di masa tua nanti Anda tidak perlu hidup dalam keadaan yang tidak laik, karena dengan uang tabungan yang Anda miliki sekarang akan sangat membantu kehidupan di masa tua Anda. Selamat menabung. (Nabila/Ahm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.