Sukses

Ini 4 Penyebab Anda Tidak Bertahan Pada Pekerjaan

Liputan6.com, Jakarta Jika dalam proses berkarir dan mencari pekerjaan, maka Anda sudah bisa menyelesaikan satu masalah karena sudah mendapat pekerjaan. Kini masalah berikutnya adalah apakah Anda bisa bertahan pada pekerjaan tersebut?

Melansir laman Cheatsheet.com, Senin (29/8/2016) ketika Anda sudah mendapat pekerjaan, pastikan juga bahwa Anda telah memilih pekerjaan yang tepat di perusahaan yang tepat pula. Pastikan juga Anda menghindari kesalahan yang memungkinkan untuk merusak karir Anda. Jika Anda melakukannya, mungkin itu menjadi alasan mengapa Anda tidak bisa bertahan pada pekerjaan Anda.

1. Anda Berbohong dan Terlalu “Menjual” Diri

Penting bagi siapapun ketika melamar pekerjaan untuk membuat curriculum vitae (CV) dan menuliskan semua kualifikasi diri di situ dan pasti akan ditanyakan ketika proses wawancara kerja dilakukan. Namun sayangnya, berdasarkan riset yang dilakukan CareerBuilder, sebanyak 58 persen calon pekerja melakukan kebohongan pada CV dan terlalu menjual dirinya pada saat proses wawancara kerja dilakukan.  

2. Anda Tidak Peduli Dengan Pekerjaan

Sangat penting bagi Anda untuk memberikan yang terbaik untuk pekerjaan Anda. Namun jika Anda tidak peduli akan pekerjaan atau terkesan tidak menyukai pekerjaan Anda, maka pihak atasan juga tidak akan mempertahankan Anda lagi. Perusahaan manapun akan mempertahankan mereka yang peduli dan bersungguh-sungguh akan pekerjaannya bukan yang acuh bahkan tidak peduli.

1 dari 2 halaman

3. Anda Kecanduan Media Sosial

3. Anda Kecanduan Media Sosial

Jika Anda sudah kecanduan dalam menggunakan aplikasi daring seperti Facebook, Twitter dan lainnya, pasti Anda akan selalu meluangkan waktu untuk memainkannya. Ketika Anda masih melakukan ini dalam suasana kerja, maka waktu Anda akan lebih banyak terkuras untuk bermain media sosial, bukan untuk bekerja. Biasanya Anda juga akan menceritakan seputar pekerjaan melalui media sosial yang bisa di akses juga oleh atasan Anda. Jika unggahan Anda menyakiti hati bos atau menjelekkan perusahaan, maka bukan tidak mungkin Anda akan dipecat.

4. Menyepelekan Waktu

Walaupun banyak perusahaan yang tidak mempedulikan jam berapa Anda masuk dan pulang dari kantor selama Anda menyelesaikan semua pekerjaan maka hal tersebut tidak menjadi masalah berarti. Tapi tetap saja Anda harus menghormati waktu perusahaan Anda. Jika Anda terbiasa datang terlambat, maka bukan tidak mungkin Anda juga akan datang terlambat ketika meeting bersama atasan. Dengan begitu, sikap Anda akan dipandang negatif karena Anda tidak menghargai waktu justru malah membuangnya.

Alasan di atas mungkin bisa menjadi alasan mengapa Anda tidak bisa mempertahankan pekerjaan Anda. Jika Anda masuk dalam salah satu kategori di atas, maka Anda masih punya waktu untuk berubah. Walaupun tidak cocok dengan rekan kerja hingga malas saat bekerja bisa juga bisa menjadi penyebab mengapa Anda tidak bisa mempertahankan pekerjaan, namun 4 alasan di atas bisa menjadi parameternya. Maka mulai sekarang berubahlah demi karir Anda yang lebih baik. (Nabila)