Sukses

Ingin Buka Rekening Tabungan? Jawab Dulu Pertanyaan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Tingkat pemahaman masyarakat Indonesia terhadap finansial masih rendah. Ini dibuktikan dengan survei Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terhadap sekitar 8.000 responden pada tahun 2014. Hasilnya hanya 21,84 persen penduduk Indonesia yang tergolong ‘melek’ finansial.

Seseorang biasanya mulai akrab dengan produk finansial sejak membuka rening pertama kali di bank. Kalau Anda belum punya rekening di bank atau berencana membuat rekening kedua, jawab dulu pertanyaan penting berikut ini sebelum membuat deposit pertama, seperti mengutip CekAja.com, Jumat (26/8/2016):

1. Apa tujuan utama membuat membuat rekening tabungan

Orang-orang menyimpan uang mereka di rekening bank dengan tujuan. Alasan yang paling umum adalah:

- Untuk menyimpan dana darurat
- Mengumpulkan uang untuk pembelian di masa depan
- Menabung
- Mendapatkan bunga

Pikirkan tujuan dan peruntukkan uang supaya Anda bisa memilih produk yang tepat.

2. Apa saja tipe rekening yang tersedia

Kebanyakan bank menyediakan tipe rekening sebagai berikut:

- Rekening tabungan
- Rekening tabungan rencana/berjangka
- Rekening deposito

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Tipe rekening mana yang terbaik

3. Tipe rekening mana yang terbaik

Untuk menentukan mana yang paling tepat, sesuaikan dengan tujuanmu. Misalnya jika rekening diperuntukkan untuk menyimpan uang belanja, rekening tabungan biasa sudah cukup. Tapi bunga yang didapatkan pun hanya berkisar 0,5 persen.

Kalau tujuan tabungan adalah untuk pembelian di masa depan, misalnya untuk biaya sekolah anak atau berlibur, Anda bisa memilih tabungan rencana/berjangka dengan bunga 3 persen-4 persen. Uang di dalam tabungan hanya bisa ditarik seluruhnya setelah jangka waktu tabungan rencana berakhir.

Sedangkan bunga berkisar antara 4,75 persen hingga 6 persen tergantung jumlah uang deposito, jangka waktu penyimpanan, dan bank.

Kelebihan dari deposito yakni uang yang Anda miliki dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan. Sehingga apabila terjadi sesuatu terhadap bank Anda dapat mendapatkan uang kembali secara utuh.

4. Berapa besar administrasi bulanan yang harus dibayar

Biaya administrasi bulanan bervariasi tergantung tipe rekening bank. Untuk rekening tabungan dikenakan Rp 11.000-Rp 20.000 per bulan. Sedangkan tabungan rencana/berjangka dikenai biaya administrasi tahunan.

3 dari 3 halaman

5. Fasilitas apa yang harus saya pertimbangkan sebelum membuka rekening?

5. Fasilitas apa yang harus saya pertimbangkan sebelum membuka rekening

Aksesibilitas merupakan hal yang jadi pertimbangan sebelum membuka buku tabungan. Terutama untuk Anda yang ingin membuka rekening tabungan dan tinggal di daerah terpencil, cari tahu ketersediaan mesin ATM di dekat tempat tinggal.

Selain itu, bagi Anda yang tingkat transaksinya tinggi, fitur e-banking dan sms banking pasti akan sangat memudahkan.

6. Bagaimana rekening bank dapat menolong saya dalam mengatur uang

Bagi Anda yang penyu kebiasaan boros, menyimpan uang di bank dapat mencegah dari pengeluaran berlebihan. Di zaman di mana uang tunai sudah digantikan dengan uang atau transaksi elektronik, tentunya membuka rekening bank akan memudahkan hidup Anda.

7. Apa saja syarat-syarat membuka rekening bank

Anda hanya perlu mengisi formulir pembukaan rekening, membawa KTP dan NPWP, dan membawa uang setoran minimal tergantung dari bank dan jenis rekening.

Dengan membuka rekening bank pertama, Anda telah mengakrabkan diri dengan produk finansial. Ke depannya, mungkin Anda akan tertarik dengan keuntungan yang lebih tinggi dengan cara mengenali produk investasi.

Jadilah orang Indonesia yang ‘melek’ finansial karena itu artinya Anda telah turut membangun perekonomian bangsa.(Nrm/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.