Sukses

Kereta Terbakar, Penumpang KA Kertajaya Terlantar

KA Kertajaya merupakan kereta jarak jauh kelas ekonomi yang memiliki rangkaian panjang, mencapai 16 gerbong.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero)‎ kembali ditimpa musibah. Beberapa gerbong dalam rangkaian salah satu kereta jarak jauh terbakar saat proses lansiran.

KA Kertajaya jurusan Stasiun Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi terbakar di Stasiun Tanjung Priok, Jakarta Utara, ketika dipersiapkan untuk ditarik ke Stasiun Pasar Senen. Kebakaran sendiri terjadi sekitar pukul 13.00 WIB.

Akibat hal itu, para penumpang kereta Kertajaya di Stasiun Pasar Senen terpaksa harus bersabar. "Para penumpang belum diberangkatkan sampai sekarang, gerbong pengganti sedang kita siapkan," kata Senior Menejer Humas PT KAI DAOP 1 Jakarta Bambang S Prayitno saat dikonfirmasi Liputan6.com, Kamis (25/8/2016).

KA Kertajaya merupakan kereta jarak jauh kelas ekonomi yang memiliki rangkaian panjang, mencapai 16 gerbong. Dalam satu rangkaian kereta, paling belakang ditempati gerbong restorasi yang di dalamnya juga terdapat generator set sebagai pembangkit.

Kebakaran sendiri terjadi akibat percikan api yang berasal dari generator set tersebut. Alhasil langsung membakar gerbong dan merembet ke gerbong penumpang yang ada di depannya.

‎"Jadi penumpang nunggu kereta yang terbakar dipisahkan dan ditarik dulu, seharusnya kereta berangkat pada pukul 14.00 WIB," tegas Bambang.

KA Kertajaya sendiri setiap gerbong memiliki kapasitas penumpang masing-masing 105 tempat duduk. Ini menjadi kereta rangkaian terpanjang pertama yang dioperasikan KAI beberapa bulan lalu. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.