Sukses

Genjot 1 Juta Wisatawan Jepang Lewat Diplomasi Bambu

Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya secara resmi membuka pagelaran Indonesia Week Osaka 2016 di Umeda Sky Building, Osaka

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya secara resmi membuka pagelaran Indonesia Week Osaka 2016 di Umeda Sky Building, Osaka. Dari acara tersebut, Arief menargetkan kunjungan wisatawan Jepang bisa mencapai 1 juta orang.

Dari salah satu rangkaian acara yang dilangsungkan di Osaka itu, alunan 1.000 alat musik angklung bergema. Ini juga diyakini bisa menjadi salah satu alat promosi budaya Indonesia ke dunia, khususnya untuk warga Jepang lewat diplomasi bambu. Pada akhirnya, lebih banyak lagi wisatawan Jepang yang berkunjung ke Indonesia.

“Kami berharap kemolekan irama dan harmoni dari 1.000 angklung Wonderful Indonesia dapat menggelitik rasa ingin tahu masyarakat Jepang untuk datang ke Indonesia,” ujar Arief, Kamis (25/8/2016).

Selain dalam rangka merayakan HUT kemerdekaan RI ke-71, Indonesia Week Osaka 2016 juga bertujuan untuk menyuguhkan beberapa destinasi wisata menarik di Indonesia, sehingga diharapkan dapat mendorong peningkatan jumlah wisatawan Jepang ke Indonesia.

Data dari Badan Pusat Statistik, kunjungan wisatawan Jepang ke Indonesia pada tahun 2014 sebanyak 491.574 orang dan tahun 2015 sebanyak 525.419 orang. Pada tahun selanjutnya, jumlah tersebut diharapkan dapat meningkat hingga 1 juta orang.

Arief mengatakan, pesona alam Indonesia yang terbentang luas dari Sabang hingga Merauke jadi magnet bagi wisatawan yang datang. Indonesia juga menurutnya punya banyak destinasi wisata yang tak ternilai.

“Kekayaan dan keindahan alam Indonesia yang dibalut dengan keberagaman budaya dan adat tradisional sungguh tidak ternilai dengan materi,” ujar Arief dalam sambutannya.

Indonesia Week Osaka 2016 yang digagas oleh majalah BUMN Track dan PT Kinarya Cipta Kreasi berlangsung selama empat hari, yakni 25-28 Agustus 2016.

Kegiatan ini juga diramaikan oleh stan pameran UKM binaan BUMN di antaranya PT Angkasa Pura II (Persero), PT BNI Tbk, Perum Jamkrindo, Perum Askrindo, PT Telkom Tbk, PT Pertamina, PT PNM serta Pemda Manokwari Selatan. Menurut CEO BU Track SH Sutar, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh pagelaran budaya lokal Indonesia seperti tari-tarian dan lagu daerah, serta perlombaan khas 17 Agustus.

Selain Arief, turut hadir Konjen RI Osaka Wisnu Edi Pratignyo, Kepala Pusat Promosi Perdangan Indonesia di Osaka Hotmida Purba, perwakilan Walikota Osaka Aya Wada, perwakilan Gubernur Osaka Hinorori Harimoto, serta Bupati Manokwari Selatan Markus Waran. 

Pada 2017, Indonesia Week dijadwalkan akan dihelat di London.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini