Sukses

Luhut Minta Pelindo IV Tingkatkan Konektivitas Indonesia Timur

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan ingin Makassar menjadi pelabuhan penghubung atau hub untuk wilayah Indonesia Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memuji kinerja PT Pelindo IV karena telah membuka pelayaran langsung ke negara tujuan. Dengan begitu, terjadi peningkatan kesejahteraan di Indonesia bagian timur.

Luhut pun meminta supaya konektivitas di Indonesia Timur terus ditingkatkan. Dia meminta supaya Pelindo IV melapor apabila menemui hambatan.

"Saya dapat tugas langsung dari Presiden soal poros maritim dan kelancaran Tol Laut. Oleh karenanya saya minta Dirut Pelindo IV untuk terus melanjutkan programnya hingga kesejahteraan masyarakat Makassar dan Timur Indonesia lainnya setara dengan Pulau Jawa, bila ada hambatan laporkan ke saya," kata dia dalam keterangan tertulis, Jakarta, Kamis (25/8/2016).

Luhut ingin, nantinya Makassar menjadi pelabuhan penghubung atau hub untuk wilayah Indonesia Timur. Pasalnya, jika kapal mesti melewati Surabaya dan Jakarta akan membuat biaya menjadi tinggi. Hal tersebut berimbas pada tingginya harga barang.

Oleh karena itu, Luhut juga akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan guna membicarakan masalah kepelabuhanan secara menyeluruh.

"Saya minta supaya masalah pemanduan, tunda, pengelolaan pelabuhan yang dikelola Kementerian Perhubungan biar ditangani oleh Pelindo saja. Kemenhub biar fokus ke regulasi dan infrastruktur,” kata Luhut.

Direktur Utama Pelindo IV Doso Agung meminta dukungan pemerintah untuk memberikan dukungan terhadap kinerja Pelindo IV. Perseroan sendiri, lanjut dia, telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah serta instansi terkait.

"Kami sudah bekerja dengan Pak Gubernur dan tim instansi lainnya di sini. Tapi kami perlu sekali dukungan dari Pak Menko Maritim untuk meningkatkan konektivitas dan produktivitas karena banyak regulasi yang menghambat kemajuan Timur Indonesia," tandas dia. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini