Sukses

7 Cara Cerdas Agar Gaji Tak Habis Percuma

Walau memiliki pendapatan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tetapi gaji sering habis sebelum bulan berakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda merasa uang yang Anda dapat saat gajian langsung ludes dengan cepat? Anda bahkan tidak tahu kemana saja uang tersebut Anda habiskan.

Ya, hal ini memang sering dialami oleh banyak orang. Walau sebenarnya mereka memiliki gaji yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, namun kenyataannya gaji tersebut sering habis bahkan sebelum bulan berakhir.

Lalu apa yang dapat dilakukan agar hal ini tidak terus menerus terjadi? Melansir laman gobankingrates.com, Jumat (26/8/2016) berikut tujuh cara yang dapat Anda lakukan:

1. Buat anggaran

Membuat anggaran pendapatan memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Banyak orang kesulitan untuk bisa mengikuti anggaran yang sudah mereka atur sebelumnya.

Agar hal ini bisa berjalan dengan lebih mudah, maka Anda pun harus bisa mengetahui berapa sebenarnya uang yang Anda perlukan. Lalu, Anda dapat membagi ke beberapa pos anggaran tertentu.

2. Jadwalkan hari belanja

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menjadwalkan hari belanja tiap bulan. Usahakan dalam satu bulan Anda mengagendakan waktu belanja beberapa hari saja untuk membeli kebutuhan pokok.

Hal ini dapat mengurangi perlakuan Anda untuk menghabiskan uang untuk membeli barang yang tidak diperlukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jangan bawa uang terlalu banyak

3. Jangan bawa uang terlalu banyak

Hal ini juga bisa dilakukan untuk mencegah Anda menggunakan uang untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Selain dapat membuat Anda lebih hemat, membawa uang yang tidak terlalu banyak juga bisa membuat Anda lebih aman.

4. Menabung lebih banyak

Satu cara yang dapat dilakukan agar kekayaan Anda dapat cepat terkumpul adalah dengan menabung lebih banyak. Mulai untuk berhenti menggunakan uang untuk keperluan yang tidak terlalu penting, Anda pun bisa menggunakan fasilitas auto debet agar untuk menyalurkan pendapatan secara otomatis ke tabungan yang dimiliki.

3 dari 3 halaman

Bayar hutang

5. Bayar hutang

Hutang sebaiknya masuk dalam prioritas keuangan Anda sejak awal. Apabila Anda memiliki hutang atau tagihan yang perlu dibayar, maka Anda harus melunasi hal tersebut lebih dahulu. Melakukan hal ini juga bisa membuat kondisi keuangan Anda lebih sehat.

6. Kumpulkan dana pensiun

Walau masih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, mempersiapkan dana pensiun merupakan satu hal yang harus tetap dilakukan. Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menabung di masa pensiun. Anda dapat mencoba menaruh uang di investasi, atau ikut program tabungan pensiun yang banyak ditawarkan oleh bank.

7. Mulai siapkan dana darurat

Seperti halnya tabungan, dana darurat juga merupakan salah satu aspek keuangan yang harus Anda persiapkan. Dana darurat berfungsi sebagai dana talangan yang dapat digunakan dalam kondisi tak terduga. (Vna/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini