Sukses

Baru Gajian? Lakukan 5 Hal Ini Biar Tak Cepat Ludes

Agar gaji yang didapat dapat dimanfaatkan dengan baik maka Anda harus bisa mengontrol gaya hidup yang dilakukan sehari-hari.

Liputan6.com, New York - Hari gajian menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh semua pegawai. Hasil kerja selama satu bulan lamanya akhirnya bisa dinikmati. Uang gaji pun bisa Anda gunakan untuk membeli berbagai kebutuhan yang diinginkan.

Namun sebelum bisa menikmati uang gaji dan membeli berbagai barang, ada baiknya apabila Anda menggunakan uang tersebut untuk melakukan beberapa pengeluaran yang tepat.

Beberapa tindakan ini bisa membantu Anda untuk membuat kondisi keuangan Anda lebih sehat. Dengan begini, gaji yang didapat pun dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

Berikut lima hal yang harus Anda lakukan setelah menerima gaji seperti dilansir dari Forbes, Jumat (26/8/2016):

1. Bangun tujuan keuangan

Setiap orang setidaknya harus memiliki tujuan keuangan yang jelas. Tujuan ini dapat membantu mereka agar lebih bijak dalam mengatur kondisi finansial yang dimiliki. Tujuan keuangan ini juga harus bisa memenuhi kebutuhan jangka panjang seperti dana pensiun hingga melunasi hutang.

2. Sisihkan untuk dana darurat

Hal kedua yang harus Anda lakukan adalah menyisihkan gaji yang diterima untuk dana darurat. Dana darurat adalah sejumlah dana yang telah dialokasikan secara terpisah, untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya sangat darurat.

Contohnya untuk kebutuhan biaya karena sakit, kecelakaan, terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau kehilangan pekerjaan. Besarnya dana darurat ini dapat disesuaikan dari kebutuhan tiap individu. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tagihan kartu kredit

3. Bayar tagihan kartu kredit

Membayar tagihan kartu kredit harus menjadi hal paling penting yang dilakukan tiap bulan. Hal ini dilakukan karena tagihan kartu kredit memiliki bunga yang cukup tinggi.

Apabila Anda tidak disiplin dalam membayarnya, maka kondisi keuangan pun dapat terganggu. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan agar bisa cepat membayar tagihan kartu kredit adalah dengan berhenti menggunakan kartu kredit dan menyisihkan gaji tiap bulan untuk membayar tagihan tersebut.

4. Menabung untuk masa pensiun

Tabungan masa pensiun juga satu hal yang harus menjadi perhatian serius. Idealnya, persiapan pensiun harus dilakukan sejak Anda memulai bekerja. Anda dapat ikut dalam beberapa program, seperti program DPLK atau Dana Pensiun Lembaga Keuangan atau menyalurkan gaji untuk investasi.

5. Bangun pengeluaran yang seimbang

Pendapatan dan pengeluaran yang Anda keluarkan haruslah seimbang. Agar gaji yang didapat dapat dimanfaatkan dengan baik maka Anda harus bisa mengontrol gaya hidup yang dilakukan sehari-hari. Jangan sampai, biaya gaya hidup Anda justru melampaui pendapatan yang diterima setiap bulannya. (Vna/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini