Sukses

Mau Beli Rumah untuk Pertama Kali? Simak 5 Tips Ini

Walau terlihat sebagai salah satu kepuasan sendiri, membeli rumah ternyata tidaklah semudah yang dibayangkan.

Liputan6.com, Jakarta - Selain sebagai kebutuhan utama, rumah atau tempat tinggal juga menjadi aset berharga bagi pemiliknya. Tak heran banyak orang yang rela menabung agar bisa membeli rumah.

Walau terlihat sebagai salah satu kepuasan sendiri, membeli rumah ternyata tidaklah semudah yang dibayangkan. Selain masalah harga, lokasi dan kondisi rumah juga harus menjadi pertimbangan.

Berikut lima hal yang harus Anda perhatikan saat membeli rumah pertama seperti dilansir dari laman Entrepreneur.com, Selasa (30/8/2016):

1. Tahu anggaran yang diperlukan

Hampir semua orang memiliki rumah impian yang diinginkannya, namun tak banyak dari mereka yang tahu berapa anggaran yang dibutuhkan untuk membeli rumah tersebut.

Sebelum Anda mengorek informasi akan rumah yang ingin dibeli, akan lebih baik apabila Anda tahu terlebih dahulu berapa anggaran yang dibutuhkan. Anggaran ini bisa menjadi tolak ukur Anda saat nantinya membeli rumah.

2. Tahu gaya hidup dan kebutuhan

Gaya hidup dan kebutuhan juga menjadi faktor yang perlu Anda pertimbangkan saat ingin membeli rumah. Faktor-faktor seperti lokasi, jarak, hingga fasilitas bisa menunjang Anda nantinya apabila tinggal di tempat tersebut. Jangan lupa juga untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya akan beberapa properti yang sudah menarik perhatian Anda.

3 Tentukan cara pembayaran rumah

Banyak cara pembayaran yang dapat ditawarkan oleh pengembang. Cara pembayaran tunai hingga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bisa menjadi pilihan Anda. Hati-hatilah untuk memilih metode pembayaran rumah ini, jangan sampai metode yang Anda pilih justru tidak sesuai dengan kondisi keuangan yang diperoleh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gunakan jasa agen properti

4. Gunakan jasa agen properti terpercaya

Agen properti dapat memberi Anda bantuan dalam memilih rumah yang tepat sesuai kebutuhan. Seorang agen memiliki kemampuan dan keahlian mengenai jual beli properti.

Kemampuan mereka terlihat dari pengalamannya dalam menangani berbagai macam properti juga informasinya yang luas. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya akan properti yang ingin Anda beli.

5. Bandingkan harga

Sebelum memutuskan mana rumah yang akan Anda beli, akan lebih baik apabila Anda telah mencari semua informasi dengan teliti dan detail akan beberapa properti lainnya yang ada di daerah tersebut.

Setelah itu, Anda juga bisa membandingkan harga dan fasilitas sehingga pilihan Anda nantinya benar-benar merepresentasikan pilihan yang tepat. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini