Sukses

Selamat Ulang Tahun Ibu Menteri Sri Mulyani

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati genap berusia 54 tahun. Hari ulang tahunnya dirayakan secara sederhana di kalangan internal Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Dari pantauan di kantornya, lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (26/8/2016), beberapa pejabat eselon I tampak meninggalkan lobi Kemenkeu sekitar pukul 10.00 WIB. Di antaranya Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Robert Pakpahan, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Suahasil Nazara dan Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi.

Suahasil mengaku, ada perayaan ulang tahun Sri Mulyani sejak pagi tadi. Sayangnya ketika ditanya lebih jauh mengenai perayaan tersebut, Suahasil enggan menjelaskan secara detail karena hanya untuk internal saja. "Ya memang ada perayaan tadi," ujarnya sambil berlalu menuju gedung BKF, kantornya.

Suahasil tidak memiliki harapan khusus untuk Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia. "Ya doa biasa saja, yang terbaik buat beliau," katanya singkat.

Mantan anchor, Rosianna Silalahi dalam akun Twitter-nya @Rosianna766Hi memberikan ucapan selamat kepada Sri Mulyani. "Selamat ulang tahun Bu Menkeu, Sri Mulyani Indrawati," bunyi tweet-nya. 

Sri Mulyani Indrawati adalah Kartini Indonesia di bidang ekonomi. Wanita asal Lampung ini bukan hanya berhasil meningkatkan perekonomian Indonesia beberapa tahun lalu, tetapi bersumbangsih besar terhadap perekonomian dunia. Alumnus Universitas Indonesia (UI) ini berhasil menjabat sebagai Direktur Bank Dunia sejak Juni 2010.

Kehidupan Sri Mulyani sendiri terus berkutat dengan ekonomi dan keuangan. Sejak 1998, Sri Mulyani terkenal dengan kemampuannya sebagai seorang pengamat ekonomi di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan pengangkatan Sri Mulyani sebagai Kepala Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LPEM FEUI) pada Juni 1998.

Kemampuan Sri Mulyani dalam bidang ekonomi memang tidak perlu diragukan. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bahkan mengangkat dia menjadi menteri keuangan pada 2005, menggantikan Jusuf Anwar. Istri dari Tony Sumartono terus bekerja dengan baik dalam menggerakkan ekonomi di Indonesia.

Perayaan Ulang Tahun Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Twitter Kemenkeu)

Wanita berkacamata ini menjabat sebagai menteri keuangan hingga 2010. Namun pada 2008, ia merangkap jabatan setelah ditunjuk SBY menjadi Pelaksana Tugas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, setelah Menko Perekonomian Boediono dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia.

Tangan dingin wanita kelahiran 26 Agustus 1962 berhasil meningkatkan perekonomian Indonesia kala itu. Pada 2004, investasi asing di Indonesia hanya sebesar US$ 4,6 miliar atau setara dengan Rp 60,4 triliun (kurs Rp 13.132 per dolar).

Sejak Sri Mulyani menjabat, investasi asing pada 2005 meningkat mencapai US$ 8,9 miliar (Rp 116 triliun). Di tangan Sri Mulyani pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 6,6 persen pada tahun 2007, di mana angka tersebut adalah angka pertumbuhan ekonomi tertinggi semenjak krisis keuangan 1997.

Setelah diangkat kembali sebagai Menteri Keuangan pada 2009, wanita ini terus memberikan gebrakan terhadap perekonomian di Indonesia.

Salah satu gebrakan hebat yang dilakukannya adalah peningkatan pemasukan pajak dari 4,35 juta individu mencapai 16 juta individu pada lima tahun terakhir. Jumlah tax receipts pun berkembang 20 persen setiap tahunnya dan mencapai Rp 600 triliun pada 2010.

Prestasi Sri Mulyani tidak hanya diakui penduduk Indonesia saja, tetapi diakui dunia. Wanita ini mendapatkan penghargaan sebagai Menteri Keuangan Terbaik di Asia pada tahun 2007 dan 2008.

Ibu dari tiga anak ini juga masuk dalam daftar 100 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia pada tahun 2008, 2014, dan 2016. Prestasi-prestasi ini pula yang mengantarkan Sri Mulyani sebagai Direktur Bank Dunia tahun 2010.

Kini dia kembali menjabat sebagai Menkeu di era pemerintahan Joko Widodo, setelah dilantik pada 27 Juli 2016. (Fik/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini