Sukses

Perhatikan 5 Hal Ini Saat Datang Wawancara Kerja

Dipanggil wawancara kerja merupakan satu hal yang banyak ditunggu oleh para pemburu kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Dipanggil wawancara kerja merupakan satu hal yang banyak ditunggu oleh para pemburu kerja. Pada tahap ini, pencari kerja akan dinilai berdasarkan kemampuan dan kecakapannya dalam bekerja.

Proses wawancara kerja juga merupakan salah satu waktu yang tepat bagi para pelamar untuk memperlihatkan kemampuan terbaiknya di depan pewawancara.

Oleh karena itu, penting bagi pelamar untuk bisa menilai kondisi dari calon tempat kerja yang didatangi.

Berikut lima hal yang dapat membantu pelamar untuk menilai tempat kerja saat datang wawancara seperti dilansir dari laman Forbes, Senin (23/1/2017):

1. Perhatikan kondisi tempat parkir

Kondisi tempat parkir ternyata bisa menggambarkan kondisi dari sebuah tempat kerja. Ketika sampai di sebuah kantor, cobalah perhatikan area parkirnya. Apakah area parkir tersebut memiliki tempat khusus bagi mereka dengan jabatan tinggi?

Hal ini dapat memperlihatkan kondisi hirearki di kantor. Beberapa perusahaan modern juga menyediakan tempat khusus untuk pengguna kendaraan lain seperti sepeda ataupun skuter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara disambut

2. Penyambutan saat datang ke kantor

Anda juga dapat menilai kondisi perusahaan dari cara Anda disambut ketika datang di tempat kerja. Apakah Anda disambut dengan baik? Atau justru karyawan yang ada di kantor tersebut justru tidak menghiraukan Anda?

Sambutan yang hangat dapat menjadi indikasi bahwa lingkungan tempat kerja di tempat tersebut sangatlah menyenangkan.

3. Perhatikan bagaimana karyawan berinteraksi

Interaksi antar karyawan juga salah satu tanda yang mencerminkan kondisi di kantor.

Karyawan yang terlihat bahagia dan senang berinteraksi satu sama lain menunjukkan bahwa kondisi di tempat kerja juga menyenangkan.

3 dari 3 halaman

Jeli akan lingkungan kerja

4. Jeli akan lingkungan tempat kerja

Bagaimana kondisi keseluruhan dari calon tempat kerja yang Anda datangi? Apakah pekerjaan di tempat tersebut bisa membuat para pekerja betah dan senang bekerja, atau justru banyak karyawan yang terlihat sangat lelah.

Anda dapat menilai hal ini dari kondisi keseluruhan yang Anda cermati.

5. Bagaimana kerapihan tempat kerja

Kerapihan dan kebersihan adalah ciri dari kantor yang baik. Apabila Anda melihat banyak sampah dan kondisi yang tidak rapih, hal ini bisa menjadi pertimbangan Anda apabila nantinya diterima bekerja di perusahaan tersebut. (Vna/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini