Sukses

Menko Luhut Akan Manfaatkan Kapal TNI AL untuk Cari Migas

Menko Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan menuturkan, kini dilakukan pergeseran pencarian cadangan migas dari darat ke laut.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, kapal TNI Angkatan Laut akan diberdayakan untuk mencari kandungan minyak dan gas bumi (migas), yang terkandung di lautan Indonesia.

Luhut mengatakan, cadangan migas Indonesia saat ini terus mengalami penurunan. Karena itu perlu digenjot pencarian (eksplorasi) migas ‎untuk menambah cadangan.

"Ya memang cadangannya terukur kira juga turun, jadi sekarang kita mau tingkatkan eksplorasi lebih banyak," kata Luhut, di Kantor Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Jakarta, Jumat (26/8/2016).

Luhut Panjaitan menuturkan, saat ini harus dilakukan pergeseran ‎pencarian cadangan migas, yang sebelumnya di darat menjadi di laut. Lantaran kandungan cadangan migas di darat telah menipis.

"Karena sekarang minyak banyak di laut," tegas Luhut, yang juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

Luhut mengungkapkan, untuk mendukung pencarian kandungan cadangan migas di lautan, akan dilakukan kerja sama dengan TNI Angkatan Laut. Kerja sama tersebut berupa pemanfaatan kapal patroli untuk melakukan pencarian kandungan migas.

‎"Salah satu caranya kita kerja sama dengan TNI angkatan laut di mana nanti kapal-kapal TNI yang berlayar akan kita program supaya bisa melakukan studi di laut," tutur Luhut. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.