Sukses

Miliarder Ini Bakal Bangun Saingan Walt Disney di China

Grup Wanda akan siapkan dana US$ 9,5 miliar untuk membangun proyek budaya dan pariwisata di timur laut China.

Liputan6.com, Beijing - Miliarder Wang Jianlin, pemilik grup Wanda akan membangun sebuah proyek budaya dan pariwisata di timur laut China. Nilai pembangunannya mencapai 63 miliar yuan atau sekitar US$ 9,5 miliar (Rp 125,51 triliun dengan asumsi kurs Rp 13.212 per dolar Amerika Serikat).

Pembangunan proyek budaya dan pariwisata ini merupakan upaya menyaingi Walt Disney Co. Wanda telah menandatangani perjanjian tersebut dengan pemerintah di kota Jinan, Shandong, China Utara pada Jumat kemarin.

Menurut juru bicara Wanda, proyek itu mencakup budaya, olahraga, dan kompleks perbelanjaan. Kesepakatan tersebut juga tidak mengikat. Demikian mengutip dari laman Bloomberg, Sabtu (27/8/2016).

Proyek Jinan ini mencakup seluruh 290 hektar lahan. Dalam proyek itu terdiri dari stadion dengan 10 ribu kursi untuk hoki dan basket. Konstruksi proyek itu akan dimulai pada 2017, dan dibuka pada 2021.

Wang Jianlin ini juga berencana membuka 15 kota taman hiburan pada 2020 di China. Ini bagian dari upaya grup Wanda menggenjot industri hiburan dalam beberapa tahun terakhir. Sebelumnya grup Wanda menggarap bisnis real estate.

Industri hiburan Wanda cukup baik sepanjang semester I 2016. Tercatat industri hiburan grup Wanda naik 57 persen menjadi 29 miliar. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini