Sukses

Angkasa Pura II Raih 10 Penghargaan dari Ajang ICCA 2016

PT Angkasa Pura II mendorong tim pelayanan dan fasilitas bandara dapat belajar dan mempunyai acuan untuk memberikan pelayanan publik.

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II (AP II) mendapatkan 10 medali dalam ajang Indonesia Contact Center Association (ICCA) 2016. AP II berada di posisi 6 dari total 39 perusahaan dan 554 peserta individual.

Penghargaan ini cukup membanggakan mengingat perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini baru pertama kali ikuti ajang ICCA 2016.

Direktur Pelayanan dan Fasilitas Bandara PT Angkasa Pura II Ituk Heraindri menuturkan, penghargaan yang didapatkan oleh AP II ini merupakan awal yang baik. Apalagi untuk memenangkan ajang penghargaan ini tidak mudah karena ada sejumlah tahapan atau proses yang harus dijalani.

Pihaknya mengikuti ajang ini agar mendorong tim pelayanan dan fasilitas bandara dapat belajar untuk memberikan pelayanan publik yang baik. Selain itu, divisi pelayanan dan fasilitas bandara ini baru berjalan sekitar 1,5 tahun sehingga dinilai membutuhkan acuan dari perusahaan lain yang juga berorientasi di bidang jasa.

Ituk mengatakan, dengan memiliki acuan dan belajar dari perusahaan lain untuk divisi pelayanan juga mendorong PT Angkasa Pura II segera mewujudkan perusahaan berkelas dunia.

"Diharapkan kemenangan ini juga harus membuktikan di lapangan bagaimana layani masyarakat setulus hati. Bisa ukur dengan perusahaan lain yang service oriented antara lain banking, telecommunication, government, dan lainnya bagaimana ukuran pelayanan. Ingin tahu sampai di mana atau acuan perusahaan lain antara lain BCA, Telkom, dan Indosat, jadi belajar dan punya acuan," jelas Ituk saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (27/8/2016).

Saat ikuti ajang lomba ini, Ituk mengatakan, dirinya terjun langsung untuk melatih para tim atau staf yang ikuti ajang tersebut. Ada sejumlah tahapan yang dilakukan dalam mengikuti ICCA 2016. Pertama, tahapan persiapan. Kedua, latihan penampilan di depan juri. Ketiga tahapan pematangan ketika para peserta latihan dengan waktu penuh selama dua bulan. Keempat, membuat kaderisasi mentor di divisi pelayanan.

"Terjun langsung melatih sunggu-sungguh sejak Februari. Latihan teori, training, customer service, dan membuat presentasi jadi menimbulkan passion dan percaya diri (di ajang itu)," kata Ituk.

Ituk menambahkan, pelatihan diberikan tersebut tak sia-sia lantaran dapat meraih 10 medali di ajang ICCA 2016 dan runner up 5 dari 39 perusahaan. "Alhamdullilah. Para peserta juga terkejut. Kami sungguh-sungguh dan berkomitmen," kata Ituk.

Meski sudah memenangkan penghargaan, Ituk menuturkan pihaknya tak berhenti di sana. Pihaknya akan menyiapkan sejumlah pelayanan bandara di bawah naungan Angkasa Pura II agar dapat naik peringkat sehingga menjadi world class terutama bandara sudah berstatus internasional. "Kami siapkan empat bandara diaudit Sky Trax ada Soekarno Hatta, Kualanamu, Palembang, dan Pekanbaru," kata dia.

Ia menuturkan, agar perseroan terus berinovasi ini memang membutuhkan waktu. Karena itu, pihaknya juga fokus untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang dapat mendukung bandara-bandara menjadi kelas dunia. "Untuk SDM kami kini memiliki proses rekrutmen bagi pegawai baru dengan standar baru dan seleksi ketat. Sedangkan bagi pegawai lama kami juga memberikan training-training mulai dari level staf, dan manajer," ujar Ituk.

Ituk mengakui memang pihaknya memiliki kendala untuk mengembangkan divisi pelayanan dan fasilitas bandara. Hal itu mengingat sebelumnya di PT Angkasa Pura II belum ada divisi tersebut.

"Selama ini pelayanan dititikkan pada operasional. Dengan ada direktorat air services and facility akan lebih fokus untuk meningkatkan pelayanan," tutur Ituk.

Adapun hasil yang dicapai PT Angkasa Pura II di ajang ICCA 2016 The Best Contact Center Indonesia antara lain:

1. Gold untuk korporate kategori The Best Technology Innovation
2. Bronze untuk korporat kategori The Best Social Media
3. Bronze untuk korporat kategori The Best Employee Engagement
4. Platinum untuk individual kategori Agent Social Media
5. Platinum untuk individual kategori Team Leader
6. Platinum untuk individual kategori Customer Services
7. Silver untuk individual kategori Team Leader Customer Service
8. Bronze untuk individual kategori Customer Service
9. Platinum untuk individual kategori Agent Back Officer
10. Silver untuk individual kategori The Best Agent Inbound

-Runner up ke-5 untuk kategori top 10 corporate.

 

 

(Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini