Sukses

Harga Cabai dan Bawang Merangkak Naik

Liputan6.com, Jakarta - Harga bumbu secara perlahan terus merangkak naik jelang hari raya Idul Adha yag jatuh pada tanggal 12 September nanti. Kenaikan harga tersebut karena permintaan mengalami peningkatan.  

Salah satu pedagang di pasar Anyar, Bogor, Jawa Barat, Abdul (27) menjelaskan, sejak awal pekan ini harga beberapa bumbu mengalami kenaikan. Bumbu-bumbu tersebut antara lain cabai dan bawang. Menurutnya, harga cabai dan bawang naik karena memang permintaan mengalami lonjakan dari hari biasanya. 

Ia menduga, warga bogor mulai menyetok bumbu sebagai persiapan untuk Hari Raya Idul Adha nanti. Pada Hari Raya Kurban tersebut, sebagian besar masakan daging memang membutuhkan dua bumbu utama tersebut. Rata-rata kenaikannya di kisaran Rp 3.000 per kilogram (kg) hingga Rp 5.000 per kg. 

"Sekarang sih lagi mahal harganya tapi tidak semuanya mahal. Cabai merah besar besar yang minggu lalu Rp 25 ribu per kg kini meningkat jadi Rp 28 ribu per kg," ujar Abdul seperti ditulis Liputan6.com Selasa (30/8/2016).

Abdul menjelaskan, harga bumbu seperti cabai dan bawang sulit untuk diprediksi karena dalam seminggu bisa beberapa kali mengalami kenaikan atau penurunan harga. Namun ia menyebut bahwa kenaikan harga pasti akan terjadi H-3 menjelang Idul Adha tiba.

“Susah di prediksi sekarang, seminggu aja bisa naik turun berkali-kali harganya. Saya hanya menyesuaikan harga dari distributor saja. Tapi nanti sih pasti akan naik harganya mulai dari Rp 5 ribu – Rp 12 ribu sekitar H-3 lebaran,” terangnya.

Namun ia menjelaskan bahwa tidak sepenuhnya harga naik karena ketersediaan stok cabai dan bawang yang menipis, karena setiap menjelang lebaran pihak distributor juga akan menaikkan harga biaya pengiriman.

“Seringnya harga naik menjelang lebaran itu karena biaya pengiriman barang dari distributor kepada pedagang juga ikut naik jadi mau tidak mau pedagang pun harus menaikkan harga penjualannya di pasaran,” tutupnya.

Berikut pantauan harga oleh Liputan6.com:

Cabai rawit Rp 14 ribu per kg
Cabai merah besar Rp 28 ribu per kg
Cabai keriting Rp 32 ribu per kg
Cabai rawit merah Rp 40 ribu per kg
Bawang merah Rp 35 ribu per kg
Bawang putih Rp 32 ribu per kg.

(Nabila/Gdn)