Sukses

Kiat Jitu Jadi Pengusaha Sukses

Untuk menjadi pengusaha sukses, setidaknya Anda harus memiliki mental baja dalam memulai sebuah usaha.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki keinginan untuk menjadi seorang pengusaha sukses, Anda pasti akan memikirkan berbagai macam hal yang bisa membawa langkah menuju ke arah sana.

Bagaimanapun juga, untuk bisa memulai sebuah usaha yang baru, sudah bisa dipastikan Anda harus memiliki sejumlah terobosan dan konsep yang jelas mengenai usaha tersebut. Lalu, apa sebenarnya yang harus dimiliki oleh seseorang untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses?

Untuk menjadi pengusaha sukses, setidaknya Anda harus memiliki mental baja dalam memulai sebuah usaha, sebab mustahil untuk bisa meraih kesuksesan, jika Anda tidak pernah berani untuk memulainya.

Simak beberapa kiat jitu di bawah ini, yang bisa membawa Anda menjadi seorang pengusaha yang sukses di dalam bisnis seperti dikutip dari www.cermati.com, Senin (29/8/2016):

1. Berani mencoba dan tidak takut gagal

Hal pertama yang harus dilakukan oleh seorang pengusaha adalah mencoba dan memulai sebuah usaha yang menjadi impiannya.

Jangan pernah takut akan kegagalan, sebab jika tidak pernah mencoba, bahkan Anda tidak pantas bermimpi tentang sebuah kegagalan. Bisnis bukan hanya sebuah rencana, namun sebuah sebuah rencana yang dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

2. Jeli melihat peluang

Anda juga harus jeli dalam membidik pasar dan melihat peluang bisnis yang mungkin akan berkembang, sebab tidak ada gunanya memulai sebuah bisnis yang tidak memiliki peluang cerah ke depannya. Ini akan sangat menentukan berhasil atau tidaknya bisnis yang anda jalankan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Punya Konsep

3. Miliki konsep dan target yang jelas

Artinya, tidak terlalu rendah, namun cukup masuk akal dan bisa Anda capai ke depannya. Jangan menerapkan sejumlah konsep yang berlebihan dan tidak masuk akal, hal ini hanya akan menjadi beban berat yang membuat dan selalu merasa mustahil untuk mencapainya.

Anda mungkin perlu membuat beberapa konsep, hingga akhirnya menemukan satu konsep yang paling tepat untuk bisnis yang akan anda jalankan.  

4. Sistem yang tepat dan efisien

Sebuah bisnis tentu harus dijalankan secara sistem, di mana Anda akan menerapkan sejumlah aturan di dalamnya, terutama jika anda mempekerjakan orang lain di sana.

Miliki sebuah sistem yang tepat dan efisien, agar segala sesuatunya bisa berjalan dengan lancar dan teratur. Jangan menerapkan sejumlah aturan yang kaku dan sulit dijalankan oleh orang lain.

5. Tim kerja yang solid

Ini jika Anda membangun sebuah bisnis yang membutuhkan pekerja lainnya di sana, maka pastikan anda memiliki sebuah tim kerja yang solid dan loyal pada pekerjaan mereka.

Harus ada keterikatan antara Anda dengan tim, juga dengan bisnis yang dijalankan, sehingga semua bisa berjalan dengan mudah dan menyenangkan bagi Anda dan mereka. Jangan menganggap mereka sebagai pekerja saja, tetapi perlakukan mereka sebagai rekan.

3 dari 4 halaman

Cepat Belajar

6. Cepat belajar dan beradaptasi

Ketika memulai suatu bisnis, Anda akan menemukan banyak masalah, mulai yang kecil hingga yang terumit sekalipun, maka siapkan mental Anda untuk hal-hal tersebut.

Kaget dengan beragam kondisi yang akan Anda temui nanti, biasakan untuk cepat beradaptasi, bahkan pada kondisi-kondisi tersulit sekalipun yang mungkin akan anda hadapi.

7. Tidak Mudah Merasa Puas

Meski Anda telah mulai berhasil di dalam bisnis yang Anda jalankan, jangan pernah cepat merasa puas akan pencapaian tersebut.
Jika Anda telah merasa puas pada bisnis Anda, itu artinya bisnis tersebut telah berakhir dan tidak akan berkembang lagi ke depannya. Perbaiki berbagai hal di dalam bisnis anda, perluas jaringan, dan mulai lini-lini baru yang masih bisa dikembangkan di masa yang akan datang.

8. Teratur dalam pembukuan

Anda juga harus membiasakan diri untuk memiliki sebuah pembukuan yang baik dan sehat. Anda akan mencatat semua pengeluaran dan juga pemasukan yang terjadi di dalam bisnis yang Anda jalankan.

Dengan begitu, maka Anda bisa melihat perkembangannya dengan jelas, melakukan berbagai evaluasi, atau bahkan melihat potensi bisnis anda ke depannya.

4 dari 4 halaman

Terus Berinovasi

9. Terus berinovasi

Anda sebagai pengusaha dituntut untuk selalu berinovasi dan memiliki kemampuan dalam mengembangkannya dari waktu ke waktu. Anda harus selalu menambah pengetahuan akan bisnis yang dijalankan ini.

Jika Anda tidak mampu berinovasi dan mengikuti perkembangan yang ada, maka akan ada peluang kemunduran di dalam bisnis tersebut.

10. Relasi dan partner yang kuat

Di dalam menjalankan bisnis, Anda juga akan dituntut untuk memiliki relasi dan juga partner yang bisa mendukung perkembangan bisnis tersebut.

Jangan takut untuk menjalin sebuah kerja sama, sebab menjadi sebuah tim terkadang jauh lebih baik daripada membangun bisnis seorang diri. Miliki komunikasi yang baik dan sehat, sehingga Anda bisa menjalin hubungan baik dengan para relasi bisnis Anda. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini