Sukses

Pelindo II Siapkan Rp 3,6 Triliun Bangun Kanal Priok-Cikarang

Ada kanal Tanjung Priok-Cikarang akan menghilangkan hambatan dalam distribusi barang.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelindo II akan menyiapkan dana sekitar Rp 3,6 triliun untuk pembangunan kanal atau sungai yang menghubungkan Tanjung Priok ke Cikarang. Dengan kanal tersebut diharapkan dapat mempercepat arus barang.

Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya mengatakan, dengan adanya kanal ini akan menghilangkan hambatan dalam distribusi barang.

"Kita siapkan Rp 3,6 triliun untuk membangun kanal tadi. Dengan kanal itu bisa hilang kongesti dan arus barang lebih cepat dari Priok ke Cikarang," kata dia di Kantor Koordinator Bidang Kemaritiman Jakarta, Senin (29/8/2016).

Elvyn mengatakan kedatangannya ke Kantor Koordinator Bidang Kemaritiman ialah melaporkan tentang perkembangan Tol Laut. Di antaranya, kesiapan pengoperasian Terminal Pelabuhan Kalibaru. Tak hanya itu, Elvyn juga melaporkan adanya  rencana pembangunan pelabuhan.

"Kesiapan kita membangun beberapa port baru di Kijing Kalimantan Barat, Sorong Papua," ujar dia.

Elvyn mengatakan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mendukung percepatan pembangunan Tol Laut. Dia bilang, Menteri Luhut juga memberikan arahan supaya pembangunan infrastruktur barang dipercepat. "Diupayakan perbaikannya penyiapan transportasi dan infrastruktur darat," tutur dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini