Sukses

Jokowi: Teknologi Bisa Sambungkan 17 Ribu Pulau di Indonesia

‎Dengan kondisi geografis Indonesia yang memiliki banyak pulau, pemerintah harus meningkatkan akses teknologi di penjuru negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo telah membuka Indonesia Fintech Festival & Conference di ICE, BSD City, Tangerang, Banten. Dalam pembukaannya, Jokowi menyoroti pentingya akses teknologi bagi industri keuangan di Indonesia.

‎Dengan kondisi geografis Indonesia yang memiliki banyak pulau, sudah menjadi kewajiban bagi pemerintah untuk meningkatkan akses teknologi baik di perkotaan hingga di daerah terpencil.

"Indonesia ini terdiri dari 17 ribu pulau. Kalau pergi ke pulau terpencil atau ke daerah perbatasan banyak yang belum terjangkau layanan perbankan, kita baru merasa negara ini besar sekali. Dengan teknologi, kita bisa satukan semuanya," kata Jokowi, Selasa (30/8/2016).

Golongan masyarakat yang belum melek teknologi di beberapa wilayah terpencil di Indonesia menjadikan mereka tidak bisa meningkatkan kemampuan ekonominya. Dengan meningkatnya literasi keuangan, maka bisa memperbanyak individu menjadi bankable.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi mengapresiasi salah satu perbankan BUMN yang menciptakan layanan keuangan terapung yang wilayah operasinya di pulau-pulau terluar di Indonesia.

"Pada kementerian terkait saya sudah perintahkan untuk lakukan percepatan," tegas Jokowi.

Bermodalkan para generasi muda yang kreatif, bahkan Jokowi bermimpi menjadikan Indonesia sebagai pusat‎ ekonomi digital di kawasan ASEAN dalam beberapa tahun mendatang. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini