Sukses

Mulai September, BEI Berlakukan Aturan Auto Rejection Baru

Liputan6.com, Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) akan mengembalikan ketentuan penolakan otomatis transaksi perdagangan saham (auto rejection) seperti semula. Ketentuan ini berlaku mulai September 2016.

Direktur Transaksi dan Kepatuhan Anggota BEI Hamdi Hasyrbaini mengatakan, pada September ini auto rejection akan dibuat sama atau simetris. Artinya, akan berlaku persentase yang sama untuk penurunan dan kenaikan harga saham. "Dibikin simetris atas bawah sama," kata dia di Gedung BEI Jakarta, Selasa (30/8/2016).

Dia mengatakan, ketentuan tersebut diberikan mengingat kondisi pasar modal telah stabil. Berbeda dengan sebelumnya di mana kondisi pasar modal sangat fluktuatif.

"Memang indeks kenaikan lumayan signifikan, jadi hampir berapa bulan untuk menjaga indeks tidak turun tajam. Berapa bulan terakhir tidak banyak auto rejection 10 persen," jelas dia.

Sebagai informasi, auto rejection yang berlaku saat ini tidak simetris. Aturan yang keluar pada 25 Agustus 2015 terkena auto rejection jika harga saham menyentuh batas bawah 10 persen.

Kemudian, untuk batas atas ialah harga saham Rp 50-Rp 200 dengan batas atas 35 persen, harga saham Rp 200-Rp 5.000 dengan batas atas 25 persen, dan harga di atas Rp 5.000 dengan batas atas 20 persen. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI

  • autorejection

Video Terkini