Sukses

Ini Penyebab Brexit Tak Terlalu Berdampak ke Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai keluarnya Inggris dari Uni Eropa atau disebut Britain Exit (Brexit) tidak akan berpengaruh pada kerja sama Indonesia dengan Negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Hubungan Internasional Shinta Kamdani mengatakan, Indonesia tidak akan terkena dampak yang signifikan dari Brexit karena perdagangan dan hubungan internasional Indonesia yang relatif berimbang. Indonesia tidak menjalin kerja sama dengan Inggris saja, tetapi juga dengan negara-negara lain di Uni Eropa.

"Memang dampak Brexit terhadap Indonesia sangat minim. Ini salah satunya karena perdagangan Inggris-Indonesia, tidak terlalu besar. Jadi tidak terlalu berpengaruh," ujar dia di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Selasa (30/8/2016).

Selain itu, lanjut ‎Shinta, Brexit juga diyakini tidak akan mempengaruhi  investasi Inggris di Indonesia. Buktinya komitmen investasi Inggris senilai US$ 19 miliar saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke negara tersebut masih terus berjalan hingga saat ini.

"Juga saat Presiden Jokowi ke sana untuk tandatangani kesepakatan investasi juga tidak terpengaruh juga, karena itu tetap jalan‎," lanjut dia.

Namun ‎yang perlu diwaspadai yaitu perubahan prioritas pemerintah Inggris terhadap perjanjian-perjanjian kerja sama dengan negara lain termasuk dengan Indonesia. Lantaran pemerintah Inggris akan akan terlebih dahulu melakukan penataan kerja sama setelah memutuskan keluar dari Uni Eropa.

"Salah satu hal yang praktikal secara umum, pemerintah Inggris sendiri terhadap Brexit ada prioritas yang berubah. Dari pemerintah Inggris ada prioritas yang mereka lakukan terlebih dulu untuk menyelesaikan Brexit. Jadi lebih pengaruh pada pemerintahnya‎," ujar dia.‎ (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin Indonesia adalah organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian.

    Kadin

  • Brexit adalah akronim dari British Exit, kampanye mengeluarkan Inggris dari Uni Eropa
    Brexit adalah akronim dari British Exit, kampanye mengeluarkan Inggris dari Uni Eropa

    Brexit