Sukses

BI: Deflasi 0,04 Persen pada Pekan Keempat Agustus

Gubernur BI Agus Martowardojo menuturkan La Nina menjadi tantangan untuk mencapai sasaran inflasi 4 persen plus minus 1 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan, inflasi yang tejadi pada Agustus 2016 rendah. Bahkan, sampai pada pekan keempat Agustus masih mencatatkan deflasi 0,04 persen.

"Ada deflasi 0,04 persen jadi sejalan target yang dicapai dan ini menunjukan inflasi kita di bawah 4 selama 2016," kata dia usai Rapat Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2017 (RAPBN 2017) di Badan Anggaran DPR RI Jakarta, Selasa malam (30/8/2016).

Namun begitu, Agus mengatakan untuk mencapai sasaran inflasi 4 persen plus minus  1 persen masih terdapat tantangan. Antara lain, adanya La Nina yang mendorong adanya hujan deras di sejumlah wilayah.

Agus menerangkan, hujan yang lebat berisiko terhadap pasokan serta distribusi pangan. Alhasil, ini berisiko terhadap gejolak harga pangan.

"Yang kita bicarakan tentang risiko inflasi karena La Nina periode basah dan ini sudah terasa, Agustus ujan deras ini akan bisa pengaruh volatile food atau pangan yang bergejolak," lanjut Agus.

Dia menerangkan, kendati data inflasi telah mengalami perbaikan namun masih terbilang cukup tinggi di kawasan ASEAN. Agus mengatakan, rata-rata di negara ASEAN inflasinya di bawah 2 persen.

"Kalau misalnya sampai Juli yoy 3,21 perssen, kalau dibandingkan negara ASEAN mereka rata-rata inflasi di bawah 1,5 persen atau di bawah 2 persen. Jadi memang Indonesia sudah baik dalam pengendalian inflasi tapi masih tantangan kita," ujar dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.