Sukses

BPS: Rilis Inflasi Indonesia Jadi yang Tercepat di Dunia

Saat ini BPS menyajikan data inflasi setiap tanggal 1 yang dilakukan setiap bulan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia patut berbangga dengan kinerja Badan Pusat Statistik (BPS). Sebagai pengelola data statistik, BPS mampu menyajikan data yang tercepat di dunia. Hal ini diklaim oleh Kepala BPS Suryamin‎.

"Rilis inflasi kita ini jadi yang paling cepat di dunia, ini dilihat dari waktu pengumpulan data hingga ke pengumumannya ke publik," kata Suryamin di Gedung OJK, Rabu (31/8/2016).

Ia menuturkan, saat ini BPS dalam menyajikan data inflasi per bulan dilakukan setiap tanggal 1. Namun para petugas BPS di berbagai penjuru Indonesia pada tanggal 30 atau 31 di akhir bulan sebelumnya masih mengirimkan data hingga tengah malam.

Tidak hanya itu, jumlah komoditi yang diawasi BPS diklaim juga cukup banyak, mencapai 860 jenis komoditi‎. Ratusan jenis itu menjadi bahan pokok yang selama ini dikonsumsi oleh masyarakat dan sangat mempengaruhi angka inflasi.

Sementara itu, dalam pengumpulan datanya, BPS juga mendata 82 kota Indeks Harga Konsumen (IHK). Jumlah ini juga cukup banyak jika dibandingkan negara-negara lain di dunia.

"Australia itu mengatakan ke saya kalau mereka tidak bisa, mereka baru dua minggu paling cepat. Malaysia juga tidak bisa, mereka malah lebih lama, satu bulan," tegas Suryamin.

Tak hanya data inflasi, data ekspor impor Indonesia juga dinilai cukup cepat. Tak secepat pengumuman angka inflasi, data ekspor impor ini Suryamin menilai lebih kompleks dan melibatkan beberapa instansi terkait, seperti salah satunya Bea Cukai.

"Itu kita juga lakukan dua minggu setelah tutup bulan. Ini sudah kita perbaiki, sebelumnya diumumkan itu satu bulan setelah tutup bulan," tutur Suryamin. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BPS atau Badan Pusat Statistik adalah Lembaga Pemerintah Nonkementerian yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

    BPS

  • Data Inflasi

Video Terkini