Sukses

120 Pengusaha Besar Bakal Ikut Tax Amnesty di September

Apindo memperkirakan dana repatriasi dan deklarasi dari program pengampunan pajak (tax amnesty) akan banyak masuk pada September 2016

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) memperkirakan dana repatriasi dan deklarasi dari program pengampunan pajak (tax amnesty) akan banyak masuk pada September 2016. Pasalnya, pada bulan depan diperkirakan akan ada 120 pengusaha skala besar yang ikut dalam program ini.

‎Ketua Dewan Pertimbangan Apindo Sofjan Wanandi mengatakan, dirinya memperkirakan hingga akhir masa penerapan program tax amnesty ini, total dana repatriasi dan deklarasi mencapai Rp 1.000 triliun. Dari angka tersebut, sekitar 60 persen-70 persen akan masuk pada September 2016.

"Waktu itu saya pernah janjikan dari tax amnesty ini Rp 1.000 triliun. Ini saya harapkan bisa ini masuk sampai Maret 2017 (akhir program ‎tax amnesty). Dan 60 persen-70 persen dari Rp 1.000 triliun itu di September ini," ujar dia di Kantor Apindo, Jakarta, Rabu (31/8/2016).

Sofjan mengungkapkan, keyakinan akan angka Rp 1.000 triliun ini karena sebelumnya Apindo telah melakukan survei pada 10 ribu pengusaha Indonesia. Dan saat ini, akan ada 120 pengusaha besar yang akan ikut tax amnesty pada September ini.

"Kita bikin survei waktu itu, dari 10 ribu pengusaha, sebagian mau ikut tax amnesty, dan sebagian besar mau ikut kalau tax amnesty ini bisa gerakan ekonomi. Sekarang kita kumpulkan 120 pengusaha besar yang pada September ini siap untuk mendeklarasikan dan repatriasi dananya," kata dia.

Dibalik masih rendahnya jumlah uang tebusan dan dana repatriasi yang masuk dari program ini, lanjut Sofjan, dirinya tetap optimistis program tax amnesty ini akan berjalan dengan baik dan bisa menggerakan ekonomi di dalam negeri.

‎"Kita percaya ini sukses, karena dananya digunakan 3 tahun untuk menggerakan ekonomi kita ke depan," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.