Sukses

4 Langkah Sukses Cari Kerja Saat Job Fair

Job fair biasanya diikuti oleh berbagai macam perusahaan nasional dan multinasional untuk mendapatkan kandidat karyawan yang sesuai

Liputan6.com, Jakarta - Bursa kerja atau job fair seperti Karir Expo merupakan salah satu event yang ditunggu-tunggu oleh para fresh graduate atau pencari kerja setiap tahunnya. Dalam penyelenggaraannya, job fair biasanya diikuti oleh berbagai macam perusahaan nasional dan multinasional bersaing untuk mendapatkan kandidat sesuai dengan yang diinginkan.

Para fresh graduate dan pencari kerja berlomba-lomba untuk memberikan performa yang terbaik untuk mendapatkan kesempatan di depan mata. Sayangnya, banyak diantara mereka yang sering gagal mendapatkan pekerjaan karena kurangnya persiapan dan banyak peserta yang datang dengan tangan kosong. Sehingga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan lebih mudah di depan mata melayang begitu saja.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar pencarian kerja lewat Job Fair bisa lebih mudah. Berikut ulasannya seperti dilansir dari karir.com, Rabu (31/8/2016):

1. Bawa resume ter-update dan cetak lebih banyak

Walaupun di jalam sekarang kebanyakan bursa kerja atau job fair memakai sistem online, tapi tidak ada salahnya jika kamu mempersiapkan resume ter-update dan cetak lebih banyak. Selain itu siapkan dokumen-dokumen pendukung lainnya seperti fotokopi KTP, pas foto, fotokopi ijazah, sertifikat seminar dan lain-lain.

2. Riset perusahaan yang ingin dituju

Sebelum mengikuti bursa kerja atau job fair, kamu harus lakukan riset ke perusahan apa saja yang tergabung di dalamnya, lowongan pekerjaan apa saja yang dibutuhkan tiap perusahaan, perusahaan apa yang ingin kamu lamar.

Biasanya, kamu bisa menemukan informasi tersebut dari famplet, atau browsing di internet. Keutamaan riset yaitu kamu bisa berjaga-jaga apakah mengadakan walk interview atau tidak, jika mengadakan, kamu pun bisa mempersiapkan diri lebih baik dalam tes wawancara maupun tes tertulis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Penampilan yang menarik

Untuk menghadiri bursa kerja atau job fair sering kali perusahaan mengadakan walk interview atau interview di tempat. Untuk mengantisipasinya, kenakan busana yang sesuai, sopan, rapi dan menarik untuk menunjukan keprofesionalan kamu. Walaupun begitu, kamu juga harus memastikan pakaian yang digunakan nyaman, tidak ribet dan terganggu dengan penampilanmu sendiri.

4. Perlengkapan pendukung jangan lupa dibawa

Untuk mengantisipasi masalah-masalah yang akan terjadi, baiknya siapkam perlengkapan pendukung seperti pulpen, flash disk, laptop, kertas, paper clip, amplop dan perlengkapan dokumen lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.