Sukses

Mau Sukses? Jangan Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Tidur

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa waktu tidur yang cukup dapat berpengaruh pada kesuksesan seseorang.

Liputan6.com, Jakarta - Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia. Oleh karenanya banyak hal yang dapat terjadi apabila tubuh kurang beristirahat. Selain dapat menurunkan konsentrasi, orang yang kurang tidur juga akan sulit produktif saat bekerja.

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa waktu tidur yang cukup dapat berpengaruh pada kesuksesan seseorang. Tak heran, banyak orang sukses yang sangat disiplin dalam mengatur waktu mereka beristirahat.

Beberapa kebiasaan sebelum tidur bahkan bisa membuat Anda sulit produktif di kemudian hari.

Apa saja? Berikut lima hal yang tidak sebaiknya Anda lakukan sebelum tidur melansir laman Business Insider, Sabtu (3/9/2016):

1. Tidak merencanakan hari esok

Penting bagi Anda untuk merencanakan hari esok dengan baik sebelum pergi tidur. Hal ini dilakukan agar Anda lebih mengerti tentang apa saja hal yang akan dilakukan esok hari. Perencanaan yang baik juga bisa membuat Anda lebih produktif nantinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Senang Bermain Ponsel Sebelum Tidur

2. Senang bermain ponsel sebelum tidur

Kebiasaan menggunakan handphone sebelum tidur dapat menyebabkan neurotoxin meningkat. Hal ini akhirnya mengakibatkan Anda kesulitan mendapatkan tidur yang berkualitas. Jika dibiarkan tentu saja hal ini dapat menyebabkan penyakit serius lainnya.

3. Tidak membersihkan diri

Penting bagi Anda untuk mempergunakan waktu yang ada sebelum tidur untuk membersihkan diri. Badan yang bersih akan mengurangi kesempatan timbulnya penyakit.

3 dari 3 halaman

Makan makanan tidak sehat

4. Makan makanan tidak sehat malam hari

Hal ini juga merupakan kebiasaan yang harus dihindari sebelum tidur. Banyak makanan tidak sehat yang sebaiknya Anda hindari untuk disantap sebelum tidur. Makanan yang tinggi gula dan lemak lebih sulit untuk dicerna tubuh, yang akhirnya membuat tidur tidak cukup nyaman.

Gula juga dapat mengganggu siklus tidur karena menyebabkan ketidakseimbangan insulin dan memberikan ledakan energi.

5. Tidak tidur pada jam teratur

Orang dewasa membutuhkan setidaknya 8 jam waktu tidur malam, tetapi masih banyak orang yang tidak mendapatkan tidur yang berkualitas. Hal ini dikarenakan banyak dari mereka yang meremehkan pola tidur yang harusnya dilakukan.(Vna/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.