Sukses

Berbagi Ilmu, Pemerintah Hadirkan Temasek di IBDExpo 2016

Kehadiran BUMN luar negeri akan memberikan masukan kepada seluruh BUMN apalagi ada rencana BUMN dalam merealisasikan holding.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan menyelenggarakan‎ Indonesia Business and Development Expo (IBDExpo) 2016 pada 8-11 September 2016 di Jakarta Convention Center.

IBDExpo 2016 merupakan pameran pertama yang dilaksanakan Kementerian BUMN melalui 4 Perusahaan BUMN yang tergabung dalam klaster National Publishing and News Corporation (NPNC) yang terdiri dari PT Balai Pustaka (Persero), Perum LKBN ANTARA, Perum PNRI, dan Perum PFN.

Selain pameran dan seminar, IBDExpo 2016 ini nantinya juga ‎menyelenggarakan konferensi bertaraf internasional. Dalam konferensi ini  akan hadir perusahaan ternama di dunia, seperti salah satunya Temasek dari Singapura.

"Kita akan mendatangkan BUMN luar negeri seperti Temasek, sharing section mengenai bagaimana mengelola perusahaannya, kemudian BUMN Cina dan kita masih nunggu konfirmasi dari Khazahan Berhad Malaysia," kata Ketua Panitia IBD Expo 2016 Hempi N Prajudi di Kementerian BUMN‎, Jumat (2/9/2016).

‎Hempi menuturkan, hadirnya para BUMN luar negeri ini juga akan memberikan masukan-masukan kepada seluruh BUMN, apalagi wacana BUMN dalam merealisasikan holding.

‎IBD Expo 2016 juga akan diisi oleh acara minister lecture yang dilakukan oleh langsung Menteri BUMN Rini Soemarno. "Dan minister lecture ini pesertanya satu tingkat di bawah direksi, yaitu para general manager yang merupakan generasi penerus BUMN," ujar dia.

Selain itu terdapat acara pendukung seperti Panggung Rakyat yang setiap hari akan diisi dengan pertunjukan kesenian rakyat, terutama kesenian rakyat yang menjadi binaan BUMN, kemudian Mini bioskop yang akan menampilkan film-film produksi Perum PFN yang diputar setiap hari selama IBDexpo berlangsung.

Terdapat pula gelaran produk inovasi dan unggulan BUMN yang dipajang di area khusus berupa Senjata Api milik PT Pindad, Tank Anoa, Kapal produksi PT PAL, Mokap Kereta Cepat Jakarta Bandung, dan Flight Simulator PT Dirgantara Indonesia, yang semuanya dapat dilihat secara langsung oleh pengunjung di area tersebut.

Adapun, acara expo ini juga diikuti oleh beberapa perusahaan BUMD serta mitra binaan BUMN. Tujuan acara ini untuk menunjukkan kepada masyarakat mengenai perkembangan kinerja, dan peran BUMN melalui progam BUMN Hadir untuk negeri, serta memperlihatkan komitmen BUMN dalam membangun dan memberdayakan daerah tertinggal, terdepan, dan terluar.
 
​IBDExpo 2016 direncanakan akan dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada 8 September 2016.

Acara pembukaan akan dihadiri oleh para undangan antara lain Dewan Perwakilan Rakyat RI, Dewan Perwakilan Daerah, Menteri Kabinet Kerja Republik Indonesia, Duta Besar Negara Sahabat, serta pimpinan Perusahaan luar negri yang berjumlah lebih kurang 1000 undangan.
 
​Selama IBDExpo berlangsung seluruh masyarakat dipersilakan untuk berkunjung dan melihat langsung karya-karya terbaik BUMN melalui produk dan layanan yang dipamerkan di setiap stand-stand peserta.‎ (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.