Sukses

Menko Luhut Minta PT KAI Pakai Kereta dan Komponen Lokal

Menko Luhut Binsar Pandjaitan meminta PT Kereta Api Indonesia untuk menggunakan komponen kereta buatan dalam negeri.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman ‎Luhut Binsar Pandjaitan meminta PT Kereta Api Indonesia untuk menggunakan komponen kereta buatan dalam negeri. PT KAI sepakat dan berjanji akan lebih banyak menggunakan komponen lokal.

Permintaan tersebut dilontarkan Luhut, saat memanggil‎ Direktur Utama Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro di kantor Kementerian Kondinator Bidang Kemaritiman, Jakarta.

"Say hello saja (pertemuan dengan Luhut). Meng-encourage (mendorong) untuk produk dalam negeri,"‎ kata Edi, di kantor Kementerian Kondinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Senin (5/9/2016).

‎Menurut Edi, Kereta Api Indonesia menyambut baik dan sepakat dengan permintaan tersebut. Pasalnya, sejalan dengan program perusahaan dan Kereta Api Indonesia sudah menerapkan penggunaan komponen kereta lokal.

"Itu kita sepakat. Karena kita sekarang bisa dibuat di Indonesia kan. Kita memang kan fokusnya ke sana," tutur Edi.

‎Edi menyebutkan, komponen buatan dalam negeri yang saat ini sudah digunakan buatan PT Industri Kereta Api (Persero).

"Lho kan kereta buatan dalam negeri. Betul. Jadi kita sudah mengarah kesana kok. Untuk semua secara umum. Beliau memberikan arahan supaya produksi lokal ini digunakan. Saya pikir ini top benar kan bagus untuk beberapa yang bisa kita buat," tutup Edi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini