Sukses

Layanan Asuransi yang Sebaiknya Anda Gunakan

Asuransi itu sendiri bersifat menabung. Ketika Anda setirokan uang setiap bulan pada pihak asuransi yang dipercayakan.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang tentu butuh rasa aman dalam hidup mereka. Setiap orang tentu memiliki rasa takut akan sesuatu yang bisa membahayakan hidup mereka, seperti sakit dadakan, kecelakaan, atau kebutuhan akan biaya yang bersifat dadakan.

Tentu semua hal tersebut bisa menjadi masalah karena kita tidak tahu pasti kapan masalah tersebut akan datang. Di sini peran asuransi akan sangat membantu hidup Anda semua.

Asuransi itu sendiri bersifat seperti menabung. Ketika Anda menyetorkan uang setiap bulan pada pihak perusahaan asuransi yang Anda percayakan.

Lalu, uang tersebut bisa Anda gunakan apabila memang benar-benar dibutuhkan, sesuai dengan jenis asuransi yang Anda gunakan. Dalam kesempatan ini, kami akan menjelaskan betapa pentingnya asuransi dalam hidup kita.

Namun, sebelum berbicara jauh perihal asuransi, berikut empat jenis asuransi seperti dikutip dari www.cermati.com, Selasa (6/9/2016):

1. Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan ini adalah jaminan kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari uang yang Anda setorkan setiap bulan.

Sebagai contoh, apabila Anda terkena penyakit dadakan yang cukup berbahaya, tentu Anda akan membutuhkan biaya yang cukup besar. Dimulai dari perawatan, obat-obatan dan juga hal-hal kecil lainnya.

Namun, dengan memiliki asuransi, Anda akan memiliki dana tambahan perihal hal tersebut dan juga menerima beberapa potongan harga dari beberapa rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan pihak asuransi yang Anda percayakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Asuransi Kematian

2. Asuransi cacat

Asuransi cacat sebenarnya bekerja hampir sama dengan asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan bekerja ketika Anda mengalami sakit atau kecelakaan, asuransi cacat akan bekerja untuk membiayai Anda apabila terkena cacat setelah adanya penyakit atau kecelakaan yang mengenai Anda.

Adapun apabila Anda tidak mengalami kecacatan atau pemicu bisa bekerja uang dari asuransi Anda, uang yang sudah Anda investasikan bisa Anda ambil setelah jangka waktu yang sudah disepakati antara Anda dengan pihak perusahaan asuransi.

3. Asuransi kematian

Jenis asuransi yang ketiga adalah asuransi kematian. Dalam hal ini, asuransi kematian bekerja untuk bertanggung jawab atas biaya keuangan ketika Anda meninggal terlalu cepat, apapun penyebabnya.

Uang tersebut akan cair pada ahli waris Anda atau orang yang Anda percayai dan disepakati ketika Anda membuat asuransi dengan pihak perusahaan asuransi.

Di sisi lain, asuransi kematian atau yang lebih dikenal dengan nama asuransi jiwa ini pun bisa bekerja apabila Anda hidup terlalu lama.

Masa tua tentu saja membutuhkan biaya cukup untuk membiayai kehidupan Anda. Anda hanya mendapatkan asupan dana dari anak dan cucu, sedangkan Anda tidak lagi memilliki pemasukan pribadi. Asuransi ini yang  akan menjadi bekal di masa tua Anda nanti.

3 dari 3 halaman

Asuransi Jangka Panjang

4. Asuransi jangka panjang

Lalu, yang terakhir adalah asuransi jangka panjang. Asuransi ini biasanya berkenaan pada kepentingan anak cucu kita nanti.

Salah satunya adalah asuransi pendidikan. Hal ini sama dengan menabung secara manual untuk masa depan anak kita nanti.

Namun, dengan bekerja sama dengan pihak perusahaan asuransi, Anda pun akan mendapatkan banyak keuntungan dari asuransi tersebut. Pihak asuransi pun pasti akan bekerja sama dengan beberapa perusahaan tertentu untuk membantu masa depan Anda menjadi jauh lebih baik dan lebih cerah.

Kapan waktu yang tepat untuk menggunakan jasa asuransi?

Asuransi adalah tabungan masa depan Anda, maka Anda bisa lebih tenang dalam menghadapai berbagai macam kejutan di hari ke depannya.

Karena hal ini bersifat jangka panjang, tentu waktu yang tepat untuk Anda menggunakan jasa asuransi adalah sedini mungkin. Anda tidak direkomendasikan untuk mengikuti asuransi ketika Anda sudah sukses saja.

Ketika gaji Anda masih kecil pun, Anda sudah bisa mengikuti asuransi tersebut. Tidak perlu semua jenis asuransi Anda ikuti. Pemilihan jenis asuransi ini biasanya bergantung pada orang tersebut dan juga kondisi keuangan dari Anda semua. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Asuransi merupakan sebuah layanan yang menawarkan penggantian atas risiko kerugian yang mungkin terjadi akibat peristiwa yang tak terduga.

    Asuransi

  • Cermati.com