Sukses

8 Orang Ini Jadi Sukses Usai Alami Banyak Penolakan

Istilah kesuksesan yang tertunda bukan omong kosong. Ada sejumlah pesohor dunia yang meraih sukses usai alami banyak penolakan.

Liputan6.com, Jakarta - Sedih karena produk usaha Anda tidak disukai calon konsumen? Atau kecewa karena tidak kunjung dapat pekerjaan? Jangan khawatir, karena selama Anda tetap berusaha, hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha.

Banyak orang harus jatuh bangun demi meraih sukses. Kegagalan memang seperti cobaan yang membuat Anda sulit bangkit.

Namun sejarah membuktikan, banyak tokoh besar yang berhasil justru karena sebelumnya telah mengalami banyak penolakan.

Istilah kesuksesan yang tertunda bukanlah omong kosong. Inilah pesohor dunia  yang berhasil meraih sukses setelah mengalami banyak penolakan seperti dikutip dari www.cekaja.com, Sabtu (10/9/2016):

1. Milton Hershey

Cokelat Hershey sering dijadikan buah tangan bagi mereka yang pulang dari Eropa. Perusahaan cokelat Hershey didirikan oleh Milton Hershey. Sebelum mendirikan bisnis sendiri, Hershey bekerja di berbagai perusahaan permen baik di dalam maupun di luar negeri.

Akan tetapi ketika baru pertama kali menjajal bidang entrepreneur, ia gagal sampai membuatnya terpuruk.

Hershey bahkan gagal untuk kedua dan ketiga kalinya. Dia kemudian kembali ke pertanian milik keluarga untuk menyempurnakan resep cokelat. Selama pertapaannya itulah Hershey melahirkan cokelat yang terkenal hingga sekarang.

2. Theodor Giesel

Jika saja Theodor Giesel menyerah, mungkin dia tidak akan menjadi penulis yang terkenal seperti saat ini. Bagaimana tidak, karyanya sudah berkali-kali ditolak penerbit dan bahkan diejek sebagai "sampah".

Giesel mencoba selama 27 kali, dan selama 27 kali berturut-turut itulah dia ditolak. Namun dia tidak menyerah begitu saja. Suatu malam, dia menemui seorang kawan lama yang baru saja dimutasi ke divisi buku anak-anak sebagai editor.

Kawannya tersebut akhirnya setuju untuk menerbitkan karya Giesel dengan memakai nama pena Dr. Seuss. Setelah itu, tak ada lagi penerbit yang mengecap karyanya sampah karena buku-bukunya selalu menjadi best seller. Rupanya Giesel hanya terlambat menyadari kalau dia ternyata lebih berbakat sebagai penulis anak-anak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Albert Einstein

3. Albert Einstein

Siapa yang tidak kenal Einstein? Bapak fisika ini dikenal sebagai seorang jenius sejati dengan kecerdasan tinggi.  Ternyata, sewaktu kecil Albert Einstein justru dianggap bodoh. Einstein tidak bisa berbicara sepatah kata pun sampai berusia empat tahun.

Guru SD bahkan menganggapnya  pemalas karena Einstein selalu mengajukan pertanyaan abstrak yang tidak masuk akal bagi anak seusianya. Siapa sangka, saat dewasa dia justru berhasil merumuskan teori relativitas.

4. Jack Ma

Jika dulu menyerah, mungkin saat ini Jack Ma akan merasa jadi orang yang paling banyak gagal sedunia. Bagaimana tidak, dia pernah ditolak 10 kali oleh universitas idamannya, yakni Universitas Harvard.

Kalau Anda menganggap impiannya ini terlalu tinggi, bagaimana jika ditolak menjadi pelayan KFC? Ya, dari 24 orang yang melamar saat itu, 23 orang lainnya diterima alias hanya Jack Ma yang ditolak.

Akan tetapi bayangkan jika saat itu Jack Ma diterima menjadi pelayan KFC? Mungkin dia tidak akan menjadi pebisnis asal Tiongkok yang paling sukses seperti sekarang.

 

3 dari 4 halaman

Stephen King

5. Stephen King

Stephen King merupakan penulis buku-buku best seller genre fiksi supranatural, horror, fantasi, dan sains fiksi. Dia mengantongi keuntungan hingga US$ 350 juta dan karyanya pun banyak diangkat ke layar lebar dan menjadi box office pula.

Dibalik kesuksesannya saat ini, Stephen King pernah mengalami penolakan penerbit hingga 30 kali. Saking frustrasinya, dia sampai membuang tulisan-tulisannya ke tong sampah. Beruntung, dia memiliki istri yang terus mendukung dan meyakinkannya agar jangan menyerah.

6. Thomas Alfa Edison

Tanpa jasa Thomas Alfa Edison, mungkin dunia akan gelap. Bohlam lampu merupakan penemuan fantastis yang sangat berguna bagi umat manusia. Ternyata, sang penemu bohlam lampu bukan hanya belasan kali gagal.

Thomas Alfa Edison mungkin memegang rekor gagal paling banyak di dunia sebelum sukses menemukan bohlam lampu. Mengalami kegagalan sampai ratusan kali justru membuatnya makin optimistis. Ucapannya yang paling terkenal adalah, "Aku tidak gagal, aku hanya menempuh 10.000 jalan yang tidak berjalan dengan baik".

4 dari 4 halaman

Michael Jordan

7. Michael Jordan

Atlet basket paling terkenal rupanya pernah dianggap tidak bisa main basket. Yang lebih miris, justru anggapan tersebut datang dari pelatih basketnya sendiri. Ya tidak ada seorang pelatih pun yang memberikannya kesempatan karena menganggap Michael Jordan terlalu pendek.

Tak habis akal, dia berusaha menghubungi orang dalam untuk memasukannya ke kamp basket dengan tim untuk universitas akan dipilih. Akan tetapi, keberuntungan belum menghampirinya. Jordan tidak kunjung menjadi pemain utama.

Dia pulang ke rumah dengan perasaan kecewa, tapi bertekad untuk membuktikan si pelatih salah menilai bakatnya. Sekarang, Michael Jordan mengantongi semua syarat untuk disebut sebagai pemain basket tersukses di dunia.

8. Walt Disney

Perusahaan Walt Disney dikenal akan fantasi dan kreativitas tanpa batas. Namun siapa sangka, sang pendiri justru pernah dicap sebagai orang yang tidak kreatif. Justru saat dipecat dan ditolak oleh surat kabar tempatnya bekerja, inilah yang menjadikannya motivasi untuk menjadi entrepreneur.

Namun perjalanan tak berjalan mulus. Tak lama kemudian, tokoh Mickey Mouse ciptaannya ditolak karena dianggap terlalu menyeramkan bagi wanita.

Masih ada lagi, cerita tiga babi kecil juga ditolak karena alasan konyol, yakni karena cerita tersebut hanya menampilkan empat karakter.

Untungnya, kita bisa menikmati semua karya perusahaan Disney hingga saat ini karena Walt memilih untuk tidak memasukkan kritik menyakitkan ke dalam hati dan terus berjuang untuk mewujudkan mimpinya.

Orang-orang yang telah disebutkan di atas tidak mudah ditaklukkan oleh kegagalan. Bagaimana dengan kamu? (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini