Sukses

Pertamina Jamin Pasokan BBM Jelang Idul Adha Aman

PT Pertamina Persero menjamin pasokan bahan bakar minyak (BBM) saat libur panjang hari raya idul adha 1437 Hijriyah aman.

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina Persero menjamin pasokan bahan bakar minyak (BBM) saat libur panjang hari raya idul adha 1437 Hijriyah aman. Kondisi dijamin aman tak seperti seperti saat libur hari raya Idul Fitri kemarin perihal pengiriman BBM ke sejumlah SPBU yang sempat tersendat.

"Kami pastikan pasokan aman hingga hari H Idul Adha Senin mendatang. Semuanya sudah dipersiapkan dan kami jamin kejadian pasokan BBM tak tersendat seperti Idul Fitri kemarin," ucap Kepala Terminal BBM Pertamina Tegal, Mudji Hartono, Kamis 8 September 2016.

Ia menyatakan, guna mencukupi pasokan BBM ke seluruh SPBU yang ada di wilayahnya, pihaknya menaikkan intensitas pengiriman BBM melalui Kereta Api (KA). Jika pada hari biasanya setiap hari dilakukan tiga kali, saat libur lebaran Idul Adha nanti akan ditingkatkan menjadi empat kali sehari.

“Intensitasnya terus ditingkatkan hingga 3 hari kedepan. Satu kereta memuat sekitar 600 kiloliter. Jika sehari biasanya tiga kereta berarti ada 1.800 kiloliter. Nah nanti ditambah lagi jadi 2.400 kiloliter,” sambung dia.

Mudji menyebutkan, jika kebutuhan BBM untuk jenis premium masih paling tinggi, meski trennya menurun. Ia menambahkan, kebutuhan premium di wilayah pantura barat yang biasanya 600 kiloliter per hari menurun menjadi 550 kiloliter per hari.
Kemudian kebutuhan BBM jenis pertamax sekitar 300 kiloliter per hari. Untuk BBM jenis Pertalite sekitar 120 kiloliter per hari.

Menurut dia, peningkatan kebutuhan BBM saat libur Idul Adha nanti tidak seperti Idul Fitri kemarin. Saat itu, peningkatan konsumsi melonjak hingga lima kali lipat. Dia memprediksi peningkatan konsumsi hanya sekitar 10 -15 persen.

“Memang peningkatannya sedikit karena Idul Adha kan orang jarang yang mudik. Tapi kami tetap persiapan jika nanti kebutuhan melonjak,” kata dia.


Tambahan Pasokan BBM Di SPBU ‎Pantura

Sementara itu, Retail Fuel Marketing IV Pertamina Karesidenan Pekalongan, Fachrizal Imaduddin, menyebutkan, pihaknya telah menyiapkan tambahan pasokan di setiap stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di sejumlah titik.

"Ada beberapa titik SPBU yang kita tambah pasokan BBM-nya, seperti di SPBU Muri di Jalur Pantura Kabupaten Tegal dan SPBU di sekitar Exit Tol Pejagan, dan Exit Tol Brebes Timur," ucap Fachrizal Imaduddin.

Menurut dia, alasan penambahan pasokan BBM di sejumlah SPBU lantaran, titik-titik tersebut dinilai rawan terjadi peningkatan konsumsi BBM.

Pertamina juga sudah menyiapkan mobil tangki BBM yang akan disiagakan di dalam Tol Pejagan-Brebes Timur Namun hingga kini, kata dia, pihaknya masih berkoordinasi dengan pihak pengelola Tol.

"Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi jika terjadi lonjakan konsumsi BBM di sana,” sambung dia.

Sedangkan untuk mencegah tersendatnya distribusi BBM seperti lebaran Idul Fitri kemarin, lanjut dia, Pertamina juga sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

"Koordinasi ini kita lakukan terkait pengawalan truk tangki BBM saat mengirim ke BBM menuju SPBU," dia menandaskan. (Fajar Eko Nugroho)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.