Sukses

Ini Manfaat Penerapan Distribusi Tertutup Elpiji Bersubsidi 3 Kg

Dalam menerapkan distribusi elpiji tertutup‎, masyarakat akan diberikan kartu sebagai tanda bukti pihak yang berhak mendapatkan subsidi.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana menerapkan distribusi ‎tertutup untuk elpiji 3 kilogram (kg) agar pemberian subsidi tepat sasaran yakni masyarakat tak mampu.

Apa manfaat penerapan sist‎em subsidi tertutup diterapkan?

Direktur Jenderal Minyak Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja mengatakan, dengan penerapan distribusi tertutup pada elpiji 3 kg, maka pasokan akan lebih terjamin karena setiap masyarakat yang berhak mendapat jatah tiga tabung per bulan untuk rumah tangga dan sembilan tabung per bulan untuk usaha mikro.

Dengan demikian tidak ada kelangkaan pasokan gas elpiji karena sudah ada penjatahan.

"Penerapan elpiji tertutup kami harap ibu-ibu suka, karena tidak ada kelangkaan, pasokan terjamin dapat tiga tabung per bulan," kata dia di Kantor Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (9/9/2016).

Dia menuturkan, manfaat lain yang didapat masyarakat atas penerapan distribusi tertutup elpiji 3 kg adalah harganya akan stabil sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan pada masing-masing wilayah. Sehingga tidak ada lagi perbedaan harga akibat permainan spekulan yang ingin mengambil untung besar.

"Selain itu juga beli dengan harga eceran yang sudah tentukan," ucap dia.

Wirat menjelaskan, dalam menerapkan distribusi elpiji tertutup‎, masyarakat akan diberikan kartu sebagai tanda bukti pihak yang berhak mendapatkan subsidi. Pada kartu tersebut akan diisi uang elektronik sebagai subsidi untuk pembelian elpiji.

"Adapun metodologi tertutup bekerjasama dengan perbankan ke pangkalan beli non cash, kalau dia tidak punya rekening bank di pangkalan ada top up-nya," dia menandaskan. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.