Sukses

Menata Interior Rumah dengan Anggaran Minim

Rumah yang indah dan nyaman merupakan impian setiap orang.

Liputan6.com, Jakarta - "Rumahku Istanaku", sebuah peribahasa yang singkat namun memiliki makna yang mendalam. Memiliki rumah pasti merupakan impian semua pasangan yang telah menikah, hal ini karena ketika Anda telah memiliki rumah, orang tua maupun kerabat dekat tidak akan mencampuri urusan keluarga Anda.

Namun perlu diketahui rumah bukan hanya sebuah bangunan struktural melainkan juga sebuah tempat perlindungan untuk menikmati kehidupan, beristirahat, dan bersuka ria bersama keluarga.

Fungsi rumah adalah untuk memberikan ketenangan, kesenangan, kebahagiaan, dan kenyamanan pada segala peristiwa kehidupannya.

Rumah yang indah dan nyaman pasti merupakan impian setiap orang. Untuk itu diperlukan penataan interior yang mendukung rumah yang Anda tempati.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bereskan Barang Tak Terpakai

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menata interior di rumah antara lain seperti dikutip dari www.cermati.com dengan anggaran minim seperti ditulis Senin (12/9/2016):

1. Bereskan Barang Tak Terpakai

Ketika Anda berencana pindah ke rumah yang baru, yang pertama kali harus dilakukan adalah membereskan barang-barang yang ada di rumah lama.

Mencari barang yang tersembunyi di sudut ruangan dan menyatukannya pada satu tempat. Selain itu perlu juga dilakukan pemisahan antara barang yang masih layak dipakai dan yang sudah usang.

Hal ini sangat membantu dalam proses packing, karena barang-barang yang masih layak pakai
nanti masih dapat dijual kembali lewat garage sale, sementara yang sudah usang dapat
diberikan kepada sesama yang kurang mampu dan membutuhkan.

2. Menata kamar tidur

Kamar adalah tempat Anda menghabiskan waktu setelah penat melakukan kegiatan. Menurut penelitian, warna cat dinding kamar sangat mempengaruhi mood seseorang ketika ingin melakukan aktivitasnya.

Contohnya warna biru yang dapat membuat tidur menjadi lebih tenang. Selain itu posisi kasur, kamar mandi dan posisi jendela kamar juga perlu dipikirkan guna kenyamanan Anda ketika tidur.

Arsitek menyarankan agar posisi kasur dan kamar mandi tidak berdekatan, serta disarankan untuk memiliki jendela besar yang berada di dekat kasur. Yang memiliki tujuan untuk proses sirkulasi udara yang baik dan berguna dalam menjaga kesehatan.

3 dari 4 halaman

Beli Furniture Secukupnya

3. Membeli furniture secukupnya

Memiliki rumah baru secara sadar pasti meningkatkan keinginan Anda untuk memberi furniture pendukung yang memiliki fungsi untuk mendukung kenyamanan rumah.

Namun terkadang ketika Anda telah masuk ke sebuah toko furniture tanpa sadar membuat diri tergiur dengan barang serta harga yang ditawarkan. Tanpa sadar Anda membeli barang yang diinginkan bukan dibutuhkan.

Contohnya rumah Anda hanya membutuhkan dua kursi yang akan diletakkan di teras rumah, namun ketika sampai di toko furniture mereka memberikan potongan harga untuk enam buah kursi yang Anda butuhkan.

Melihat harga yang jauh berbeda, Anda  lebih memilih membeli kursi dengan penawaran harga yang lebih murah. Akhirnya sisa kursi lainnya menjadi terbuang sia-sia di rumah Anda.

4. Perpaduan Warna

Melihat perabot tua yang ditinggal pemilik lama terkadang membuat risih. Pasti Anda memiliki keinginan yang besar untuk mengubahnya, namun memiliki budget yang minim.

Oleh karena itu sebuah solusi mudah yang dapat Anda lakukan adalah dengan memadukan perabotan tua tersebut dengan warna yang baru. Selain itu juga Anda dapat menambahkan aksesoris yang mendukung sehingga adanya korelasi dan saling melengkapi.

4 dari 4 halaman

Pecahkan Masalah Tanpa Biaya

5. Pecahkan masalah tanpa biaya

Meminimalkan budget dalam mendekorasi rumah sangat diperlukan. Banyak cara mudah dalam mendekorasi rumah yang tak memerlukan biaya banyak, yaitu dengan cara padupadankan  peralatan lama yang masih dapat dipakai.

Contohnya mengganti warna lampu kamar dengan model dan warna yang lebih unik sesuai dengan keinginan.

Pikirkan Pengeluaran yang Akan Muncul

Ketika Anda berniat membeli interior di dalam rumah baru, Anda juga perlu memikirkan pengeluaran yang akan Anda habiskan. Meminimalkan pengeluaran sangat berguna, hal ini untuk masa depan keluarga Anda kelak.

Tak perlu membeli barang baru yang tidak berguna, Anda cukup mengolah kembali barang yang sudah tidak berguna dan membuatnya seperti barang baru dengan memberikan beberapa sentuhan yang mendukung. Jangan lupa untuk membeli barang yang  diperlukan bukan yang Anda inginkan. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.