Sukses

Berencana Beli Motor, Perhatikan Hal-hal Ini

Ada berbagai jenis pembiayaan motor dilakukan mulai dari pembiayaan secara tunai, kredit dan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika membeli motor tentunya akan ada berbagai jenis pembiayaan motor dilakukan mulai dari pembiayaan secara tunai, pembelian secara kredit, dan lainnya.

Tujuan dari semua pembiayaan itu hanya untuk mendapatkan motor tersebut. Akan tetapi, apakah Anda tahu setiap dari jenis pembiayaan pada saat membeli motor tentunya akan berbeda beda akumulasi perhitungannya.

Ada yang lebih mahal harganya, dan mungkin menjadi lebih murah. Berikut ini ada lima faktor pertimbangan yang bisa dilakukan saat memilih pembiayaan motor seperti dikutip dari www.cermati.com, Kamis (15/9/2016):

1. Lebih baik membayar secara tunai

Banyak sekali diler motor yang memberikan kemudahan untuk mendapatkan motor kesayangan Anda. Biasanya para pihak diler memberikan rincian kredit yang bisa dilakukan untuk mendapatkan motor tersebut.

Namun Anda jangan terkecoh dengan strategi yang ia lakukan lebih baik cari tahu dulu harga net dari motor tersebut.

Karena biasanya mereka mengiming-imingkan harga yang rendah meskipun pembiayaan motornya lewat kredit. Ada baiknya jika sebelum membeli kita melakukan perbandingan terlebih dulu.

Namun disarankan lebih baik melakukan pembiayaan motor dengan secara tunai atau tanpa proses kredit. Karena selain kemudahan dalam pembayarannya akan ada banyak bonus yang akan diberikan nantinya jika Anda membeli motor secara tunai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cari Kredibilitas Tinggi

2. Jika ingin kredit cari kredibilitas yang tinggi

Jika pada akhirnya Anda tetap ingin membeli motor kesayangan dengan sistem kredit. Cari kredibilitas yang tinggi.

Bukan berarti Anda mengambil motor kredit selama 4-5 tahun. Namun kredibilitas di sini adalah bunga dp dari motor tersebut.

Perhatikan setiap tawaran yang diberikan. Jika bisa jangan terlalu lama dalam mengambil kredit motor tentunya harga motor akan sangat melambung tinggi dan tentu ini akan merugikan diri kalian.

Sedikit saran lebih baik menggunakan kredit bank atau Anda bisa bekerja sama dengan pihak bank untuk melunaskan motornya kepada diler kemudian dengan bank.

Karena bunga di bank tidaklah terlalu besar dibandingkan harus membayar setiap cicilan motor yang tentunya para penjual motor mendapatkan untung yang sangat besar sekali dari dari setiap transaksi pembiayaan motor dengan sistem kredit.

3. Pembiayaan kredit akan terikat peraturan dan sanksi

Lagi-lagi sistem pembiayaan kredit motor tidaklah menyenangkan. Selain harga yang bisa melambung tinggi.

Ternyata motor yang dibeli dengan pembiayaan kredit terikat oleh peraturan dan sanksi yang sebelumnya sudah disepakati terlebih dahulu pada saat melakukan transaksi.

Tentu ini sangat tidak membuat nyaman para pelanggan. Karena memang ini adalah jalan satu – satunya bagi para diler motor untuk melakukan penjualan motornya dengan sistem kredit.

Biasanya peraturan dan sanksi yang diberikan yang berkaitan dengan pembayaran kreditnya. Jadi intinya jika pembayaran motor anda secara kredit bermasalah atau mengalami hambatan di tengah jalan sudah pasti motor kesayangan anda akan ditarik kembali oleh pihak diler.

3 dari 3 halaman

Manfaat Bayar Tunai

4. Beli tunai dapat perlindungan asuransi

Ini keuntungan dari membeli motor secara tunai. Yaitu dapat asuransi gratis yang diberikan oleh pihak diler.

Namun biasanya asuransi yang diberikan juga tidaklah mungkin hanya satu tahun bahkan beberapa bulan. Namun inilah keistimewaan membeli motor secara tunai akan banyak bonus lainnya yang akan didapatkan nanti.

Berbeda dengan pembiayaan motor dengan cara kredit yang tentunya akan sangat repot dan tentunya cukup merugikan bagi para pembeli.

5. Dengan tunai tentunya lebih mudah dan aman

Maksud dari kata di atas adalah merujuk pada pembiayaan motor secara tunai. Tidak mungkin membeli motor secara kredit akan mudah tentunya harus melewati berbagai proses mulai dari fotokopi slip gaji, pendapatan per bulan, dan masih banyak yang lainnya.

Yang tentunya ini akan mempersulit para pembeli jika ingin mengambil motor dengan cara pembiayaan kredit

Karena itu, kami menyarankan lebih baik membeli secara tunai produk motor kesayangan Anda. Jika uang belum terkumpul dapat ditabung atau diinvestasikan terlebih dahulu yang tentunya uang Anda akan bertambah nantinya.

Jika uang  sudah terkumpul melebihi dari harga motor incaran Anda. Tidak perlu ragu untuk pergi ke diler motor terdekat dan membeli motor kesayangan dengan pembiayaan tunai. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini