Sukses

Jokowi Kebut Pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang

Pembangunan jalan tol Serang-Panimbang diharapkan selesai dalam dua tahun.

Liputan6.com, Serang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan pembangunan jalan tol Serang-Panimbang segera dilakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama dalam sebuah proyek.

"Secepat-cepatnya, karena sudah penetapan lokasi (jalur). Habis itu pembebasan lahan dan pembangunan," kata Presiden Jokowi, di Serang, Banten, Senin (12/09/2016).

Percepatan pembangunan ini dilakukan karena tak harus menunggu pembebasan lahan harus selesai 100 persen. Namun bisa dilakukan sesuai lahan mana saja yang sudah dibebaskan untuk di bangun jalan tol Serang-Panimbang.

"Dalam dua tahun ini selesai. Sekarang tidak harus pembebasan rampung baru dimulai," tutur dia.

Sebelumnya pada saat peresmian KEK Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang,  Jokowi menjanjikan akan membangun jalan tol Serang-Panimbang sepanjang lebih 80 kilometer .

Jalan ini diharapkan dapat mempersingkat jarak tempuh dari Jakarta menuju Tanjung Lesung yang jika melewati jalan raya yang ada saat ini, harus ditempuh sekitar dua jam perjalanan dari Kota Serang, Banten.

Adapun pembangunan tol itu akan dibagi dalam tiga seksi. Seksi I Serang-Rangkasbitung, Seksi II Rangkasbitung-Bojong dan Seksi III Bojong-Panimbang.

Kebutuhan lahan untuk jalan tol tersebut mencapai 785 hektar yang melalui 50 desa dan kelurahan, 14 kecamatan dan empat kabupaten dan kota. Nilai investasi keseluruhan sekitar Rp 10,8 triliun. (Yandhi D/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.