Sukses

Hatshepsut, Ratu Mesir yang Jadi Wanita Terkaya Dunia

Di bawah kepemimpinannya Mesir berhasil menjadi salah satu negara paling jaya pada masanya.

Liputan6.com, Jakarta Tidak seperti tokoh mesir terkenal layaknya Cleopatra atau Firaun, nama Hatshepsut tidaklah banyak diketahui orang. Padahal, wanita satu ini merupakan salah satu pemimpin mesir paling sukses. Dibawah kepemimpinannya Mesir berhasil menjadi salah satu negara paling jaya pada masanya.

Seperti dilaporkan Good.is, Rabu (14/9/2016) Hatshepsut lahir di dinasti ke-18 mesir, pada tahun 1500 sebelum masehi. Saat menginjak usia 20 tahun, suaminya meninggal. Alhasil, Hatshepsut pun menanjak tangga kepemimpinan dan berkuasa di Mesir.

Walau diragukan karena merupakan seorang pemimpin wanita, Hatshepsut mampu membawa Mesir sebagai negara yang makmur. Dikabarkan, warga Mesir hidup dalam kemakmuran. Ia juga memanfaatkan kekayaan negaranya dengan baik.

Ia membuat banyak bangunan sebagai fasilitas bagi para penduduk. Ratu Mesir satu ini juga senang memperluas kekayaan yang dimiliki keluarganya dengan membuat banyak lapangan pekerjaan sehingga penduduk bisa meningkatkan pendapatan yang mereka miliki.

Kuil Hatshepsut, salah satu bangunan yang dibangun saat masa kekuasaannya

Salah satu aset kekayaan Mesir yang dikendalikan adalah tambang emas. Berkat hal ini, Hatshepsut juga berhasil mendapat kekayaan berlimpah. Apabila disetarakan, kekayaannya kini bisa bernilai mencapai US$ 2 miliar atau Rp 26,3 triliun.

Dengan total harta yang begitu besar, Hatshepsut berhasil masuk dalam jajaran wanita terkaya sepanjang sejarah. (Vna/nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.