Sukses

BPS: Jumlah e-Commerce di Indonesia Capai 26,2 Juta

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan usaha perdagangan berbasis online (e-commerce) di Indonesia sangat signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Setidaknya hingga saat ini total jumlah e-commerce di Indonesia mencapai 26,2 juta.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan, dari Sensus Ekonomi 2016 yang dilakukan pihaknya, muncul data sementara jumlah e-commerce yang ada di Indonesia. Dalam ‎kurun waktu 10 tahun, jumlah e-commerce di Indonesia meningkat sekitar 17 persen.

"Sampai sekarang kita baru tahu jumlah usahanya saja. Bahwa dari tahun 2006-2016, naik 17 persen. Jadi total jumlah usahanya sekitar 26,2 juta," ujar dia di Kantor Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta, Kamis (15/9/2016).

Namun saat ini BPS belum merampungkan data rinci terkait jenis usaha dan lokasi tempat e-commerce beroperasi. Data tersebut akan disajikan saat BPS mengumumkan hasil Sensus Ekonomi 2016 di akhir tahun ini.

"Kita belum sampai ke sana. Jadi baru jumlah usaha per provinsi, per pulau, pergeseran jumlah usaha. Tapi jenis usahanya nanti Desember," tandas dia.(Dny/Nrm)

Artikel Selanjutnya
Penumpang Pesawat Tembus 10 Juta Orang di Juli 2017
Artikel Selanjutnya
Jokowi: Diplomasi Ekonomi RI Bergerak ke Pasar Nontradisional