Sukses

Studi: Makan Pizza Bisa Buat Kerja Lebih Semangat

produktivitas pekerja bisa meningkat hingga 6,6 persen setelah diberikan insentif berupa makanan pizza.

Liputan6.com, Jakarta Banyak hal yang bisa mendorong produktivitas seseorang dalam bekerja. Gaji besar, promosi jabatan hingga berbagai keuntungan di kantor bisa jadi pemicunya.

Namun Profesor Dan Ariely dari Duke University mengatakan hal berbeda. Ia mengungkap bahwa menyantap pizza ternyata bisa meningkatkan semangat Anda saat bekerja.

Melansir foxnews.com, Senin (19/9/2016) penelitian tersebut dibukukan dengan judul Payoff: The Hidden Logic That Shapes Our Motivations.

Profesor Ariely melakukan penelitian pada pekerja yang berada di Israel. Dalam penelitiannya, Professor Ariely mengunakan tiga macam penghargaan kepada pegawai kantor sebagai dorongan bagi mereka untuk lebih semangat dalam bekerja.

Para pekerja dipersilakan untuk memilih hadiah apa yang nantinya ingin ia dapat, saat mencapai target pada pekerjaannya.

Perusahaan telah menyediakan sebanyak tiga pilihan, yaitu voucher pizza gratis, bonus uang tunai, dan juga hadiah dari atasan.

Hasilnya, para pekerja ternyata lebih memilih mengambil voucher pizza sebagai penghargaan yang mereka inginkan. Presentase pegawai yang memilih pizza lebih banyak dibanding dengan dua penghargaan lainnya.

Ariely menganalisa bahwa pizza sendiri dipercaya bisa menambah kedekatan dan keintiman antar kelompok kerja di sebuah kantor. Pizza juga bisa menjadi satu penumbuh semangat untuk bekerja lebih keras di kantor.

Hasil penelitian tersebut mengungkap bahwa produktivitas pekerja bisa meningkat hingga 6,6 persen setelah diberikan insentif berupa makanan pizza. (vna)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.