Sukses

Tak Lulus SMA, 6 Orang Ini Malah Sukses Jadi Miliarder

ada beberapa miliarder dunia yang mampu menggapai sukses walau tidak lulus dari bangku sekolah SMA

Liputan6.com, Jakarta Pendidikan memegang peranan penting dalam kesuksesan seseorang. Persepsi yang berkembang di masyarakat menyebut bahwa mereka yang tidak menyelesaikan pendidikan akan sulit untuk menggapai apa yang diinginkannya dalam hidup. Namun ternyata, hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar.

Buktinya, ada beberapa miliarder dunia yang mampu menggapai sukses walau tidak lulus dari bangku sekolah menengah atas. Siapa saja mereka. Melansir entrepreneur.com, Minggu (17/9/2016) berikut ulasannya:

1. John D. Rockefeller

Pria satu ini didapuk sebagai salah satu orang paling kaya di dunia. John D Rockefeller merupakan pendiri dari Standard Oil Company, perusahaan minyak terbesar di Amerika.

Apabila dihitung, aset kekayaannya akan mampu mencapai US$ 340 miliar saat ini. Walau begitu, pria ini ternyata tidak menyelesaikan sekolah tingginya. Di usia 16 tahun ia sudah memilih untuk bekerja.

2. Amancio Ortega

Di usia 14 tahun, Amancio Ortega keluar dari sekolah untuk bekerja di toko-toko lokal. Di tahun 1975, ia mendirikan Zara yang kemudian menjadi toko ritel baju terbesar di dunia. Kini ia menjadi orang terkaya kedua di dunia mengalahkan miliarder Warren Buffett dan Jeff Bezos.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Richard Branson

3. Richard Branson

Sir Richard Charles Nicholas Branson adalah seorang industrialis asal Inggris, yang dikenal karena telah mendirikan 360 perusahaan di bawah bendera Virgin Group. Pria yang lahir pada 18 Juli 1950 ternyata menderita disleksia dan keluar dari sekolah di usianya yang masih 16 tahun.

Ia kemudian mendirikan bisnis pertamanya yang berupa toko ritel kaset bernama Student Magazine. Perusahaannya kemudian berubah nama menjadi the Virgin Record yang dikenal di seluruh dunia.

4. Francois Pinault

Francois Pinault merupakan orang terkaya kelima di Prancis. Ia memiliki bisnis dari berbagai merek fashion terkenal seperti Gucci, Stella McCartney, Alexander McQueen and Yves Saint Laurent.

Ia keluar sekolah pada tahun 1947 karena temannya mengejek latar belakangnya yang berasal dari keluarga miskin. Kenyataannya, ia kini berhasil memiliki aset mencapai US$ 13 miliar.

3 dari 3 halaman

David H. Murdock

5. David H. Murdock

David H. Murdock keluar sekolah pada tingkat akhir dan bekerja di sebuah pompa bensin sampai ia direkrut menjadi tentara pada tahun 1945. Setelah kembali dari Perang Dunia II, Murdock membeli bisnis pertamanya, sebuah restoran di Detroit.

Dia berhasil menjalankan restoran beberapa bulan kemudian dan membuat keuntungan US$ 700. Pada tahun 1985, ia membeli perusahaan asal Hawaii Castle & Cooke, yang memiliki perusahaan buah Dole. Di bawah kepemimpinannya Dole kemudian berhasil menjadi produsen buah dan sayuran terbesar di dunia.

6. Henry Ford

Henry Ford pergi merantau ketika ia berusia 16 untuk pindah ke Detroit. Walau tidak lulus sekolah, ia menjadi karyawan magang di sebuah toko mesin dan chief engineer kemudian di Edison Illuminating Company.

Ford membangun mobil pertamanya pada tahun 1896 yang kemudian sukses merevolusi dunia otomotif dunia. Kekayaan bersihnya saat ini ditaksir mencapai US$ 199 miliar. (vna/nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini