Sukses

5 Pekerjaan Paruh Waktu yang Cocok buat Pensiunan

Bagi orang yang sudah pensiun, pekerjaan paruh waktu bisa jadi satu pilihan yang dapat dipertimbangkan.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang masih ingin untuk bekerja bahkan setelah masa pensiun tiba. Nyatanya, laporan yang dikeluarkan American Association of Retired Persons (AARP) mengungkap, lebih dari sepertiga pekerja di usia 50 sampai 64 tahun masih ingin untuk melanjutkan karier setelah pensiun.

Namun sayang, banyak dari mereka yang tidak tahu harus menggeluti profesi apa. Bagi orang yang sudah pensiun, pekerjaan paruh waktu bisa jadi satu pilihan yang dapat dipertimbangkan.

Melansir cheatsheet.com, Selasa (20/9/2016) berikut lima profesi paruh waktu yang bisa dicoba oleh mereka yang sudah pensiun.

1. Konsultan

Profesi ini bisa menjadi pilihan bagi mereka yang telah bekerja dan menekuni satu bidang dalam kurun waktu yang lama. Konsultan paruh waktu bertugas untuk memberikan saran dan arahan kepada klien tentang usaha yang mereka kerjakan.

Sebagai konsultan paruh waktu, Anda dapat menentukan sendiri jam kerja, gaji hingga klien mana saja yang ingin dibantu.

2. Guru atau Dosen

Membagi ilmu kepada generasi yang lebih muda bukan hanya dapat memberikan manfaat, hal ini juga bisa menjadi pemasukan tambahan di masa pensiun.

Menurut survei yang dilakukan oleh Payscale, dosen yang mengajar di mata kuliah yang lebih sulit cenderung mendapat pendapatan lebih besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemandu Wisata

3. Pemandu wisata

Jika Anda senang untuk bepergian dan berbicara di depan banyak orang, maka profesi ini bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan hari tua.

Pekerjaan sebagai pemandu wisata marak di beberapa tempat yang memiliki atraksi wisata yang banyak dikunjungi. Selain itu, Anda pun bisa bergabung dengan jasa wisata yang sering mengantar turis untuk bepergian.

4. Pengasuh anak

Pekerjaan paruh waktu ini cocok bagi Anda yang suka menghabiskan waktu bersama anak-anak. Pengasuh anak bertanggung jawab untuk menjaga dan mengawasi anak ketika orang tua mereka sedang bepergian.

Bagi mereka yang sudah memiliki pengalaman mengasuh sebelumnya, hal ini bisa menjadi nilai tambah. Survei mengatakan bahwa pengasuh yang memiliki pengalaman lebih banyak bisa mendapat bayaran lebih tinggi.

5. Penjaga area wisata

Mereka yang bekerja di bidang ini memiliki tanggung jawab untuk menjaga area wisata dan membantu mengumpulkan tarif masuk yang harus dibayar oleh pengunjung.

Selain bisa berlibur, bekerja sebagai penjaga area wisata juga bisa membuat Anda mengunjungi beberapa tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya. (vna/nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini